Sebanyak 49 Siswa dan Siswi di Karimun Ikuti Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AL – WartaKepri.co.id
11 views

Sebanyak 49 Siswa dan Siswi di Karimun Ikuti Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AL





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, pada minggu (23/2/2020), menggelar kegiatan Sosialisasai Warving Penerimaan Calon Prajurit TNI AL Tahun 2020 kepada Siswa SMK, SMA dan MA se-Kabupaten Karimun.

Pada pelaksanaan kegiatan dengan mengangkat tema “Bergabunglah Bersama TNI AL Negara Menanti Dharma Bhaktimu, Join The Navy To See The World” tersebut, dipimpin langsung oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono, turut serta didampinginya oleh Pgs. Paspotmar Letda Laut (P) Hendriyono dan juga anggota Potmar Serda Marinir Islamiyah.

Pada kegiatan tersebut juga turut serta menayangkan pemutaran film (video) tentang Prajurit TNI Angkatan Laut dengan tujuan guna menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada para siswa-siswi, serta untuk menarik minat para generasi muda bergabung menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk merekrut para calon prajurit Angkatan Laut di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Karimun, baik dari SMK, SMA dan MA, serta anggota Pramuka Saka Bahari.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagaimana tata cara masuk TNI AL, cara mendaftar, dan apa saja yang perlu disiapkan sehingga nantinya pada saat melaksanakan tes benar-benar sudah dapat mengikuti kegiatan yang diinginkan oleh staf TNI AL,” ujarnya.
Letkol Laut (P) Mandri Kartono menyebut, pada penerimaan tahun 2020 ini, TNI Angkatan Laut membutuhkan masing-masing untuk Akademi TNI AL (AAL), Bintara dan juga Tamtama, selain dari pada itu perlu diketahui dalam tes ini tidak dipungut biaya sepeserpun,” pungkasnya.

“Pada sosialisasi penerimaan Calon Prajurit TNI AL ini termasuk agenda rutin setiap tahun, khususnya di Tanjungbalai Karimun ini, telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun guna mencari bibit calon prajurit TNI AL yang punya standar dari TNI Angkatan Laut.

Menurut Mandri, motivasi dan semangat kepada seluruh peserta yang hadir guna memacu dan memotivasi putra dan putri daerah Kabupaten Karimun untuk bergabung dan mengabdi kepada Bangsa dan Negara, dapat mengenal alutsista TNI Angkatan Laut dengan harapan dapat meningkatkan animo Putra Putri Karimun masuk TNI Angkatan Laut.

“Peserta harus fokus dalam mengikuti psikotes, dalam pelaksanaan tes, peserta harus menjaga stamina. Mako Lanal TBK sendiri telah menyiapkan tempat dan instruktur bagi calon peserta yang ingin mengikuti seleksi rekrutmen prajurit TNI AL,” imbuhnya.

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan kepada para calon peserta untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan latihan rutin di Mako Lanal TBK agar nantinya siap untuk mengikuti tes rekrutmen Prajurit TNI AL.

“Besar harapan agar putra dan putri daerah khususnya di wilayah Karimun ada yang lolos pada saat mengikuti seleksi penerimaan,” ujarnya.

Dalam proses penerimaan Calon Prajurit TNI AL tidak ada KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme), terlebih mengeluarkan biaya. Sosilisasi penerimaan Calon Prajurit TNI AL ini dilaksanakan secara serentak ke seluruh sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh Kepulauan Riau (Kepri).

Selain dari pada itu juga, psikotest TNI AL di Mako Lanal TBK disampaikan oleh Letda Laut (P) Hendriyono. Sedangkan untuk pembinaan Fisik akan disampaikan oleh Serda Marinir Islamiyah.(*)

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

11 views