Runway Bandara Dewadaru di Karimunjawa akan Dipepanjang hingga 1.600 meter – WartaKepri.co.id
11 views

Runway Bandara Dewadaru di Karimunjawa akan Dipepanjang hingga 1.600 meter



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, JAWA TENGGAH – Dalam rangka mendorong akses transportasi menuju Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dan sesuai target Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pengembangan Bandara Dewadaru di Karimunjawa akan perpanjang Run Way dan targetkan selesai di tahun 2022, hal itu dikatakan oleh Ariadi Widiawan Kepala Bandara Dewadaru Karimunjawa, Jumat (28/2/2020).

Kepulauan Karimunjawa diketahui merupakan destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan mancanegara. Saat ini, Ariadi Widiawan,Kepala Bandara Dewaru mengatakan panjang runway atau landas pacu bandara tersebut baru 1.400 meter dan akan ditingkatkan menjadi 1.600 meter.

Perpanjangan runway ini dilakukan agar pesawat baling-baling sejenis ATR-72 bisa mendarat dengan kapasitas penuh. Kemudian, terminal penumpang yang saat ini belum 1000 meter per segi akan dibangun menjadi 2000 meter per segi hingga 2.800 meter per segi.

Guna mempersiapkan target tersebut diadakan Rapat Pembahasan pembebasan lahan oleh Pemkab Jepara, Pemprop Jateng serta kantor UPBU kelas III Dewadaru Karimunjawa pada hati Rabu 26 Februari 2020 yg dipimpin Sekda Jepara di Ruang Rapat Sekda Jepara adapun hasil rapat tersebut pada intinya Pemkab Jepara dan Pemprop jawa tengah siap mendukung perluasan Bandara Dewadaru karimunjawa sebagai amanah Perpres No 79 tahun 2019.

Saat ini hanya ada satu maskapai Wings Air yang melayani penerbangan reguler dengan pesawat ATR-72 dari maskapai Wings air dengan rute Karimunjawa-semarang PP saat ini, Bandara Dewadaru memiliki runway berukuran 1400 x 30 meter.

Sedangkan untuk taxiway berukuran 62 x 15 meter, dan apron berukuran 91 x 50 meter yang dapat melayani pesawat sejenis ATR-72. Luas terminal penumpang Bandara Dewadaru saat ini baru 220 meter persegi.ucapnya Kepada Wartakepri.co.id. (Rama).

Pendapat Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA


PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA