Kepala Kantor Agama Karimun : Silaturahmi Penting Untuk Cegah Paham Radikalisme – WartaKepri.co.id
82 views

Kepala Kantor Agama Karimun : Silaturahmi Penting Untuk Cegah Paham Radikalisme



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kepala kantor Agama Kabupaten Karimun beserta jajaran Instansi terkait lainnya, dalam hal ini Kecamatan Karimun, Polsek Balai, akan terus mengkaji program guna mencegah non Aparatur Sipil Negara (ASN) terpapar paham radikalisme. Drs. H. Jamzri meminta agar Non PNS ini tidak terbawa arus paham radikal.

Hadir pada pelaksanaan kegiatan yang disambut antusias oleh masyarakat tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun Drs. H. Jamzuri, Camat Karimun Agung Jati Kusuma, Kapolsek Balai Karimun, AKP Budi Hartono, Danramil 01/TBK yang diwakili oleh Kapten Inf. Istain Tamimi, Para Lurah dan juga Kepala Desa se-Kecamatan Karimun serta Para toga, Ketua Masjid Kecamatan Karimun, dan juga para Pemuka Agama.

“Pada prinsipnya kita tidak ingin Aparatur Sipil Negara (ASN), memiliki pemikiran di luar konsep negara, radikalisme ,” tegas Jamzari seusai melantik lima pegawai non PNS sebagai Tim Peyuluhan periode tahun 2020-2024 diruang pertemuan Kantor Camat Karimun, pada Jumat (28/2/2020).

Menurut Kepala Kantor Agama Kabupaten Karimun yang baru menjabat ini, konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah sesuai dengan dasar Negara Pancasila. Toleransi terhadap orang atau kelompok yang memiliki pandangan lain harus dipupuk kembali guna mengikis paham radikal yang menganggap di luar golongan mereka adalah salah.

“Silaturahmi ini sangat perlu kita laksanakan sesering mungkin, tidak lain tujuannya yaitu guna memperkuat secara rohaniah, dan nantinya para petugas penyuluh bertugas untuk Kecamatan Karimun terdapat lima orang tersebut, agen-agen inilah nantinya yang akan diperdayakan para Lurah untuk memberikan pencerahan kepada warganya agar tidak terjerumus ke arah yang salah, yaitu paham radikal serta agar terjalinnya kerukunan umat beragama di Kecamatan Karimun, dan pada umumnya di Kabupaten Karimun sekaligus mengajak bermunajat bersama-sama dengan program yang dicanangkan oleh Camat Karimun,” ujarnya.

Sementara itu Camat Karimun Agung Jati Kusuma menjelaskan bahwa, pada tahun 2020 ini terjadi penurunan pelantikan anggota penyuluhan non PNS. Dimana sebelumnya pada tahun 2019 lalu itu terdapat 11 anggota penyuluhan.

“Salah satu faktor penurunan tersebut adanya pertimbangan-pertimbangan salah satu persyaratan, kalau sudah menerima honor dari sumber APBD yang sama, tidak diperbolehkan menjadi penyuluh,” terangnya.

Agung mengharapkan bagi Kecamatan Karimun sendiri kedepannya dengan pelantikan ini bagi penyuluhan keagamaan non PNS ini, akan menjadi mitra kami di Pemerintahan Kecamatan untuk menggerakkan dari pada program-program Keagamaan, salah satunya adalah program Masjid mengaji, pembinaan Mualaf, dan juga kegiatan-kegiatan yang sifatnya dalam hal ini bagaimana kerukunan antar umat beragama didapatkan dan berjalan dengan baik sesuai dengan kerjasama tadi,” pungkasnya.

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenag Kabupaten Karimun serta mengapresiasi. Dimana sangat perhatian dan antisipatif terhadap penyebaran paham-paham radikalisme khususnya diwilayah Kabupaten Karimun.

“Karena kita ketahui bahwa, di wilayah Kabupaten Karimun ini banyak sekali lalu lintas dan perlintasan, baik orang yang datang dan pergi dari mana saja. Sehingga sulit bagi kita untuk mendeteksi mereka. Dengan diadakannya agen-agen penyuluhan Agama ini kita perdayakan guna membina masyarakat kita khususnya di Kecamatan Karimun agar bersama-sama dapat menjaga dan memperhatikan tetangga sekitarnya, jika terdapat paham radikalisme atau aliran ajaran yang sesat,” ungkap Perwira ramah ini.

Untuk nama-nama anggota penyuluhan yang telah dilantik oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun sebagai Tim Peyuluh pada periode tahun 2020 hingga 2024 diantaranya Najamuddin, Tamliho Rangkuti, Zulaekah, Iis Ardila, dan Widyawati S.

Reporter : Aziz Maulana

Pendapat Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA


PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA