Festival Rebana Meriahkan Puncak Acara STQ di Perum Dreamland Tanjung Riau Sekupang

67

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Perayaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam yang diselenggarakan sejak tanggal 22 hingga 29 Februari 2020 resmi ditutup.

Dimana kegiatan STQ yang diadakan setiap tahun tersebut merupakan salah satu ajang pencarian bakat qori dan qoriah di tingkat Kelurahan yang nantinya pada tanggal 13 Maret 2020 akan mengikuti STQ tingkat Kecamatan Sekupang.

Seleksi Tilawatil Qur’an atau disingkat STQ adalah perlombaan yang melombakan sebagian cabang MTQ. Musabaqah Tilawatil Qur’an yang dikenal dengan singkatan MTQ adalah perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah Al- Qur’an, dan hafalan Al-Hadits.

Tujuan STQ adalah untuk memelihara, mengembangkan, dan/atau meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan/atau penyebarluasan Al-Qur’an dan Al-Hadits; dan menjadikan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama.

Puncak acara STQ tingkat Kelurahan Tanjung Riau dilaksanakan semalam (29/02/2020) sejak pukul 17.00-23.45 WIB di Kawasan Dreamland lebih tepatnya area Kinos Cinema Dreamland Square, Marina City, Batam.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Dalam pelaksanaan acara ini pihak Kelurahan bekerjasama dengan Warga Dreamland dan PT. PKP (Putera Karyasindo Prakarsa) selaku Developer Kawasan Dreamland.

Kawasan Dreamland sendiri merupakan Kawasan Mandiri seluas 50 Hektar yang dikembangkan oleh PT. PKP menghadirkan 5 (lima) proyek yaitu Dreamland City, Dreamland Square, Dreamland 1, Dreamland 2, dan Dreamland Park yang dilengkapi berbagai fasilitas yaitu Pasar, Plaza, Waterboom, Playground, Kinos Cinema, Outdoor Cinema, Kinos Futsal, dan Foodcourt.

Rangkaian puncak acara STQ ini dimeriahkan Festival Rebana dengan hasil Juara I dimenangkan oleh Group Rebana Al-Muhajirin & Mar’atus Sholeha (skor sama), Juara II Group Khairunnisa.
Sedangkan Festival Hadroh dimenangkan oleh Group Hadroh Al-Husnaya sebagai Juara I, Juara II Group Nurul Hidayah, dan Juara III Group Miftahul Jannah.

Sedangkan Juara Cabang Tartil, Tilawah, Hafizh, Syarhil, dan Fahmil Al-Qur’an sebagai berikut :

1. Tartil Al-Qur’an umur maks 12 tahun Juara I Faksi Mandala (Putra) & Reviana Dwi Anjani (Putri).

2. Tilawah Anak umur maks 14 tahun Juara I Aziz Al-Faruq Wijaya (Putra) & Naila Sari Nasution (Putri).

3. Tilawah Remaja umur maks 24 tahun Juara I Norhadi (Putra) & Nurhidayah (Putri).

4. Tilawah dewasa umur maks 40 tahun Juara I Supriyadi (Putra) & Nita Fitriyani (Putri).

5. Hafizh 1 Juz dan Tilawah umur maks 15 tahun Juara I Rinaldi Andika Matuangi (Putra) & Hasya Fildzah Zalri,

6. Hafizh 5 Juz dan Tilawah umur maks 20 tahun Juara I Muhammad Raihan Syach (Putra),

7. Hafizh 10 Juz dan Tilawah umur maks 22 tahun Juara I Abdul Vicraam Makau (Putra), Cabang Syarhil Al-Qur’an Juara I Bunga, M. Ainul Yakin, S. Ririn Asyifah,

8. Cabang Fahmil Al-Qur’an Juara I Eggi Setiawan, Mursiti Hadijah, Meysin Karina.

Acara diakhiri dengan Pengukuhan Pengurus RW 23 dan RT 01, 02, 03 Perumahan Dreamland oleh Agus Syofian, S.Pd.I selaku Lurah Tanjung Riau yang mana Perumahan Dreamland telah terisi penduduk sebanyak 350 KK sehingga telah memenuhi syarat didirikannya RT dan RW sendiri.

Dipenghujung acara, Panitia mengundi kupon doorprize dengan hadiah utama sepeda dan beberapa hadiah lainnya. Acara ditutup oleh Lurah Tanjung Riau dan dilanjutkan dengan hiburan. Dengan ditutupnya semua rangkaian acara maka STQ sekaligus Pengukuhan RT dan RW Perumahan Dreamland telah berakhir pula.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO