Pembuat Paspor di Imigari Batam Turun Akibat Corona, Untuk Izin Orang Asing Cuma 14 Orang – WartaKepri.co.id
244 views

Pembuat Paspor di Imigari Batam Turun Akibat Corona, Untuk Izin Orang Asing Cuma 14 Orang





WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam merilis terkait perkembangan penanganan Covid-19, pengawasan dan penindakan orang asing dan dampak penumpang di TPI serta pemohon Paspor.

Kepala Bidang Intelijen dan penindakan Imigrasi Batam Bidpray Situmorang menjelaskan ada 14 kasus saat ini sedang ditangani. Untuk kasus ini yang disangkakan pasal 112 tentang narkotika kemudian 6 kasus lagi dideportasi.

“Saya sampaikan sudah ada tindakan kami lakukan berupa administrasi maupun pelanggaran,”kata Kepala Bidang Intelijen dan penindakan Imigras Batam Bidpray Situmorang, Senin (16/3/2020) di Media Centre Imigrasi Batam.

Sedangkan untuk kasus warga negara Singapura akan dilakukan tindakan administrasi pemulangan hingga pada anaknya izin tinggal darurat bervariasi terbatas kunjungan.

“Adapun kasus yang sudah dideportasi itu, Napi narkotika pada 30 januari 2020 lalu, Ini merupakan kasus tahap penuntutan.

Sementara itu,Kepala Bidang Dokumen Perjalanan dan Ijin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Guntur S Hamonangan menambahkan saat ini memang Batam sedang mengalami dampak dari Virus Corona Covid-19. Sehingga ini juga akan berdampak pada permohonan paspor. Hingga saat ini dari data yang tercatat mengalami penurunan.

“Saat ini permohonan paspor mengalami penurunan lebih kurang 10 sampai 15 persen. Tercatat pada Minggu ke 4 Februari sebanyak 2.168 permohonan sedangkan untuk Minggu pertama pada Maret, sebanyak 2.121 permohonan, Minggu kedua sebanyak 1.871 permohonan,”jelas Gunawan.

Menurut Guntur, angka tersebut mengalami penurunan akibat dari Covid-19 yang sedang berdampak. Jadi kalau kita lihat setiap minggunya itu ada sekitar 100 atau 200 permohonan Paspor yang berkurang,”tuturnya.

Sedangkan terkait izin tinggal warga negara asing (WNA) di Kota Batam, saat ini mengalami peningkatan.

Dari data yang diperolah, sebanyak 81 pemohon izin tinggal di Batam dan semua pemohonnya merupakan warga negara China,”terang Guntur.

Ia menegaskan untuk permohonan izin tinggal ini terjadi lantaran saat mereka (WNA China) masuk ke Batam dan muncul bencana (Covid-19) di negaranya. Akibatnya mereka tidak bisa keluar dari Indonesia,”tutupnya.

Tulisan :Taufik Chan



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

244 views