Danlanal TBK, Pulau Takong Iyu Bisa Jadi Lokasi Observasi Dan Perawatan Pasien Positif Corona – WartaKepri.co.id
831 views

Danlanal TBK, Pulau Takong Iyu Bisa Jadi Lokasi Observasi Dan Perawatan Pasien Positif Corona





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Wacana dijadikannya teritorial pulau terluar takong iyu sebagai tempat observasi bagi para pasien yang terjangkit covid-19 diaminkan oleh Komandan Lanal (Danlanal) Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Mandri Kartono, Selasa (17/3/2020) disela-sela menggelar rapat sekaligus pembentukan Satuas Tugas (Satgas) oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun.

“Karena alasan kemanusiaan, jadi pulau terluar diperairan Karimun, takong iyu ini rencananya akan dijadikan sebagai tempat observasi bagi para pasien yang terinfeksi virus corona,” terang Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono kepada WARTAKEPRI.co.id.

Dikatakanya, pulau terluar di Indonesia yang terletak di selat Malaka yang merupakan wilayah dari perairan Karimun, provinsi Kepulauan Riau ini sebelumnya juga sudah dibahas dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Dan hingga saat ini masih menunggu izin dan keputusan dari pusat untuk memberlakukan pulau dengan luas 50 kilometer pesegi tersebut menjadi tempat observasi.

“Hingga kini kita masih menunggu perizinan dari pusat, apakah pulau takong iyu ini akan dijadikan tempat observasi atau tidak,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Karimun Aunur Rafiq disela-sela acara rapat pembentukan gugus tugas oleh dinas dan instansi terkait menjelaskan bahwa, dipulau takong iyu sudah terdapat pos dengan fasilitas yang mumpuni.

“Dengan lokasi yang tepat dan pas untuk dilakukannya observasi, jadi apabila pendataan para pasien sudah selesai dilakukan di rumah sakit-rumah sakit yang tersebar di Karimun, selanjutnya alternatif dapat dilakukan observasi di pulau takong iyu tersebut,” imbuhnya.

Pulau takong iyu sendiri tidak begitu jauh dari pulau Karimun ini, bila menggunakan kapal speed hanya menempuh waktu kurang lebih 30 menit, di mana terdapat sebuah mercusuar penjagaan didirikan.

Pulau ini tidak berpenduduk dan hanya dijaga oleh beberapa staf dan anggota dari Mako lanal Tanjungbalai Karimun, untuk menjaga dan mengawasi kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan Ini. Sehingga di mungkinkan akan menjadi tempat yang pas dan sesuai untuk dilakukannya observasi oleh Pemkab Karimun apabila terjadi lonjakan pasien wabah covid-19.

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

831 views