Zulhadi: Alat Pelindung dan Dokter di RSUD HM Sani Mencukupi Untuk Penanganan Corona di Karimun – WartaKepri.co.id
1,480 views

Zulhadi: Alat Pelindung dan Dokter di RSUD HM Sani Mencukupi Untuk Penanganan Corona di Karimun





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Rumah Sakit HM. Sani Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu rumah sakit rujukan pemeriksaan corona (Covid-19) yang resmi ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Karimun. Sebagai rumah sakit rujukan, maka untuk stok Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medisnya masih dalam batas aman.

“Alhamdulillah hingga saat ini masih dalam batas aman, dan nanti hari Senin yang akan datang, barangnya masuk kembali,” terang Zulhadi Dirut RSUD HM. Sani disela-sela menggelar konferensi pers di ruang registrasi (administrasi), Kamis (19/3/2020), yang turut serta dihadiri oleh juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi dan Sekda HM. Firmansyah.

Lebih lanjut, Zulhadi menuturkan bahwa untuk petugas dari RSUD HM. Sani sendiri selama ini memang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang standar, dan diharapkan akan terproteksi, serta diberikannya suplemen-suplemen untuk daya tahan tubuh.

“Jadi besar harapan kita para petugas dan dokter agar dapat melaksanakan tugas dalam menghadapi kasus covid-19 ini dengan sebaik-baiknya, dan kepada masyarakat juga kami sampaikan, memberikan sepenuhnya kepercayaan kepada kami, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan serta hal-hal yang tidak semestinya,” pungkas Zulhadi.

Disinggung mengenai jumlah dokter yang menangani pasien covid-19, dirinya menyebut, terdapat satu orang dokter spesialis paru-paru, untuk tiga pasien tersebut, selain itu juga terdapat dokter pendamping sesuai dengan kondisi pasien, dimana dokter spesialis laboratoriumnya (Radiologi), juga yang selalu memeriksa keadaan pasiennya yaitu dari dokter umum dan juga para medis (perawat).

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Karimun dan juga Dinkes Provinsi Kepri, serta sudah mengajukan ke Gubernur lewat Pak Sekda, dan tentunya kami berharap APD ini selalu dapat tercukupi,” imbunya.

Alat pelindung diri (APD) ini sendiri sangat vital dalam menangani kasus corona (Covid-19), sebab satu set APD hanya bisa digunakan selama sehari. Lantaran perlengkapan tersebut bersifat sekali pakai, maka APD yang digunakan yang terdiri dari gown (baju pelindung diri), masker N95, pelindung wajah, dan sepatu boots harus selalu tersedia dengan baik.(*)

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

1,480 views