Patroli Gabungan Polsek dan Satpol PP Lingga Bubarkan Warga Nongkrong di Kedai Kopi

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Sejumlah aparat gabungan Polri dan Satpol PP Kabupaten Lingga, diterjunkan untuk melakukan patroli. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengimbau warga agar tak berkerumun demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Kapolsek Daik Lingga, AKP Tasriadi mengatakan patroli kali ini ke tempat-tempat yang di duga menjadi kerumunan warga seperti Cafe dan warung kopi. Aparat gabungan kemudian melakukan pembubaran terhadap warga.

“Kita mengimbau masyarakat untuk kembali ke rumahnya masing-masing, karena wabah COVID-19 ini masih sangat masif di masyarakat,” kata Tasriadi di Daik Lingga, Minggu (30/3/2020).

Pembubaran tersebut tertuang dalam Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Menurut AKP Tasriadi, hal ini harus di sadari bersama, maka pihaknya meminta kesadaran dari masyarakat di Kecamatan Lingga dan sekitarnya untuk tidak berkumpul. Serta tidak keluar rumah apabila keperluan tak mendesak.

“Patroli malam ini kita melibatkan 15 personel gabungan dari Polsek Daik Lingga, dan Satpol PP untuk membubarkan warga yang berkerumun,” ucapnya.

Akp Tasriadi mengatakan pihaknya akan menindak tegas apabila ada warga yang membandel dan melawan petugas pada saat melakukan tugasnya. Polisi akan memproses hukum.

“Akan kita tindak tegas, karena sudah ada ancaman pidananya sesuai Pasal 212 ayat 1, 214, 216 dan Pasal 218, akan dijerat sanki pidana maksimal 16 bulan,” ucap Tasriadi.

Selain itu, Tasriadi menyebutkan pihaknya hanya akan membubarkan masyarakat yang berkerumun, hal itu dilakukan dalam rangka pencegahan penularan virus corona di tingkat masyarakat agar tidak meluas.

“Yang berdagang tidak kita bubarkan, tetapi yang jelas tidak berkumpul pada hari ini, dan kita pun tidak akan mengimbau toko-toko untuk tutup, tetapi kami akan mengimbau untuk tidak berkerumun,” katanya.

Tasriadi berharap dengan dilakukannya patroli ini, khususnya warga Kec. Lingga bisa memahami patroli gabungan yang dilakukan aparat.

“Kami mohon kesadarannya. Intinya untuk kita semua karena memang virus Corona ini sangat membahayakan dan penyebarannya sangat cepat, oleh karena itu kita himbau untuk melakukan Psycal distancing,” jelas Tasriadi.(*)

Kiriman : Ravi Azhar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG