Cegah COVID-19, upacara HUT TNI AU Di Natuna terapkan "phyisical distancing" – WartaKepri
257 views

Cegah COVID-19, upacara HUT TNI AU Di Natuna terapkan “phyisical distancing”

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID – Upacara peringatan HUT Ke-74 TNI Angkatan Udara yang akan digelar secara sederhana di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Raden Sadjad (Rsa) Natuna, pada Kamis (9/4) menerapkan physical distancing atau jaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Upacara dipimpin oleh Komandan Lanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Fairlyanto, S.T., M.A.P.

Jumlah peserta upacara sebanyak 50 orang termasuk Irup, pasukan dan petugas upacara, sedangkan jarak peserta upacara 1 dengan lainnya 1,5 meter seluruhnya menggunakan masker.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danlanud Raden Sadjad mengatakan saat ini rakyat Indonesia sedang berjuang mengatasi pandemi Covid-19 yang menyebar di berbagai wilayah di tanah air.

“Denyut nadi pembangunan seakan berhenti, rakyat pun hidup dalam rasa cemas. Karenanya, Upacara Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara diselenggarakan dengan cara yang paling sederhana,” jelas Yuyu.

Sebagai pribadi, dan atas nama keluarga besar Angkatan Udara, Kasau haturkan rasa duka terdalam kepada keluarga besar TNI Angkatan Udara, juga seluruh rakyat Indonesia, yang ikut terdampak atau menjadi korban pandemi Covid-19.

Lebih lanjut kasau mengatakan, “Saya yakin, Tuhan akan segera mengembalikan senyum dan kebahagiaan bangsa Indonesia. Saya pun ingin meneguhkan, TNI Angkatan Udara akan terus berjuang di garis depan, dan mendarmabaktikan seluruh sumber daya untuk membantu rakyat,”.

Diakhir sambutannya Kasau berpesan moral untuk generasi penerus TNI Angkatan Udara menyampaikan, “Tanamkan keyakinan pada hati dan pikiran kalian, akan kebenaran falsafah “Tri Sakti Viratama”, yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas, yang telah dikenalkan sejak awal kelahiran.

sebagai insan Swa Bhuwana Paksa, jadilah prajurit berkarakter luhur yang dekat dengan Tuhan dan rakyat, memiliki ilmu yang bermanfaat bagi organisasi, serta terus menjaga kesamaptaan diri untuk menghadapi segala penugasan dan jika ini sudah kalian lakukan dan jaga, kalian akan tetap bersinar, saat sedang beruntung ataupun tidak,” ungkap kasau.

Di perayaan tahun ini, TNI AU mengusung tema “Kobarkan semangat Swa Bhuwana Paksa untuk membangun Indonesia maju dan TNI Angkatan Udara unggul”.

Seperti diketahui bersama, Pulau Natuna menjadi daerah awal misi kemanusian untuk indonesia

Letak Natuna yang berada di selatan Laut China dan berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga ini memiliki fasilitas militer yang lengkap.

Itulah salah satu alasan pemerintah pusat memilih Natuna menjadi tempat observasi WNI dari Wuhan.

Dimana Pemulangan WNI dari Wuhan kembali ke Indonesia sudah dijadwalkan pada awal februari 2020 lalu, dengan skenario penjemputan akan dilakukan observasi selama 14 hari Lanud Raden Sadjad Natuna.

Jika dinyatakan sehat sepenuhnya, maka mereka diperbolehkan untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Tempat dilakukannya observasi WNI dari Wuhan ialah Pulau Natuna, Kepulauan Riau. Meski sebelumnya sempat mendapat penolakan keras dari masyarakat. Terhitung mulai 3 februari hingga 16 februari lalu observasi dilakukan.

 

Hasilnya sangat memuaskan, seluruh WNI dari Wuhan telah melakukan observasi dinyatakan negatif dari virus Covid-19. (Rky)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA