Ini Jawaban Kepala PLN ULP Anambas Terkait Fungsi PLTS

446
WartaKepri - Kepala PLN Anambas Hendrico
WartaKepri - Kepala PLN Anambas Hendrico

Wartakepri.co.id, Anambas – Solarsel atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang di bangun oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Meneral Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi melaului Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM)  di Kabupaten Kepulauan Anambas, sebelum dinas ESDM di tarik ke Provinsi Kepri tersebut langsung di jawab oleh Kepala Manager ULP PLN Anambas.

Kepala PLN ULP Anambas, Hendrico mengatakan, apa yang disampaikan oleh masyarakat Desa Tarempa Selatan tidak menerima manfaatnya sama sekali itu salah, PLTS yang dikatakan di berita sebelumnya tidak beroperasi itu salah.

“Bahkan PLTS tersebut sangat membantu PLN ULP Anambas dengan masuk ke sistem 20.000 Volt PLN. Membantu kapasitas daya kelistrikan di Tarempa,” tuturnya, Kamis(15/4/2020).

Baca : Masyarakat Menilai Pembangunan PLTS 2015 di Anambas Hanya Buang Anggaran

Dijelaskannya, untuk perawatan sendiri saat ini pihak PLN Anambas mengambil inisiatif dengan menjaga dan merawat PLTS sendiri, sedangkan manfaatnya yaitu kerjasama dalam pengoperasian antara ESDM dan pihak PLN ULP Anambas hingga saat ini terus berlangsung.

“Seperti pembersihan daerah sekitar PLTS kita lakukan sendiri,” terangnya.

Dibeberkannya, PLTS sendiri masuk ke sistem PLN, tentunya sangat membantu daya PLN. PLTS sendiri sinkron dengan PLTD Tarempa dan beroperasinya tidak terpisah.

“PLTS beroperasinya harus bergabung dengan PLN, membantu kapasitas PLN hingga saat ini. PLTS masuk ke sistem 20.000 volt PLN,” sebutnya.

Diterangkannya lagi, bulan lalu pihaknya melakukan pembersihan dan pemeliharaan di PLTS tersebut, intinya PLTS itu membantu sistem kelistrikan PLN di Anambas (Tarempa) dan pemeliharaannya dilakukan oleh pihak PLN Tarempa.

“Saya akui juga bahwa PLTS tersebut sangat membantu walaupun hanya di siang hari saja. PLTS sendiri tidak bisa beroperasi pada malam hari lantaran tidak adanya baterai yang tersedia disana,” tutupnya.(Rama)

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel