Bisa Rawat Dua Pasein, Aunur Rafiq Resmikan Kapal Ambulans Bantuan Kerjasama PT Timah dan Baznas Karimun

213
Pasein, Aunur Rafiq Resmikan Kapal Ambulans Bantuan Kerjasama PT Timah dan Baznas Karimun

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur rafiq beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Karimun, menghadiri penyerahan sekaligus peresmian Kapal Ambulans Laut, Rabu (3/6/2020) di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Bantuan Kapal Ambulans yang berasal dari iuran seluruh karyawan PT. Timah Tbk yang beragama Islam, 2,5 persen melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merancang pengadaan satu unit kapal Ambulans Laut yang akan mengakomodir pasien dan warga miskin di pulau-pulau yang ada di wilayah Kabupaten Karimun.

“Pemerintah Kabupaten Karimun mengapresiasi sekaligus menyampaikan rasa terimakasih kepada PT Timah, atas program bantuan yang telah diberikan melalui Baznas Kabupaten Karimun,” ungkap Aunur rafiq.

Dimana PT Timah sendiri, kata Rafiq telah banyak membuat program-program selain dari pada Kapal Ambulans Laut, sebagai sarana dan prasarana kesehatan dalam rangka menunjang kesehatan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, bekerjasama dengan UPZ Baznas PT Timah Tbk.

“Sehingga Baznas Kabupaten Karimun dapat mengoperasikan Ambulans laut ini untuk kepentingan masyarakat,” pintanya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Disinggung mengenai biaya operasional, Rafiq menyebut cukuplah besar. Baznas Kabupaten Karimun akan bergotong royong membantu dari UPZ PT Timah, Baznas provinsi Kepulauan Riau, yang selanjutnya akan mengajukan kepada pemerintah daerah.

“Nantinya akan kita bahas pada APBD Perubahan,” paparnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, General Manager PT Timah Tbk Wilayah Operasi Kepri dan Riau, Adam Darmawan menuturkan bahwa, program ini merupakan hasil dari iuran zakat yang dipotong setiap bulannya oleh seluruh karyawan PT. Timah, yang selanjutnya disalurkan untuk membantu kemaslahatan umat.

“Diantaranya seperi pembagian sembako, rumah layak huni serta saat ini bantuan berupa Kapal Ambulans Laut,” ujarnya.

Adam berharap, semoga bantuan Kapal Ambulans Laut dapat memberikan banyak manfaat, serta membantu Pemkab Karimun dalam rangka melayani kesehatan masyarakat, terutama dari pulau-pulau sekitar wilayah Karimun.

“Kedepannya semoga akan semakin baik, sehingga apa yang diharapkan oleh Bapak Bupati kemashalatan di wilayah Kabupaten Karimun dapat tercapai. Dan kami dari perusahaaan hanya dapat membantu dari UPZ Baznas dan corporate social responsibility (CSR),” terang Adam.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Nazrial merinci untuk biaya operasional Kapal Ambulans Laut ini setelah dirapatkan kurang lebih sebesar 1,3 miliar.

“Untuk sementara dana yang sudah pasti ada yang berasal dari PT Timah sebanyak Rp. 300 juta, dari Baznas Kabupaten Karimun Rp. 50 juta, serta bantuan dari baznas Provinsi dan juga bantuan-bantuan lainnya,” pungkas Nazrial.

Kata Nazrial, program ini merupakan perdana di Indonesia, dan mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan tentunya hal ini menjadi acuan pada daerah lainnya di seluruh Indonesia.

“Nantinya kapal ini diperuntukan bagi fakir miskin yang tersebar di pulau-pulau wilayah Kabupaten Karimun, untuk dibawa kerumah sakit dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pulau,” katanya.

Spesifik Kapal Ambulan

Engineer supervisi dan perencana Kapal Ambulans Laut, Muhammad Amien Pahlevi Menjelaskan bahwa, kapal ini di rancang khusus di galangan kapal PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (DAK) di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Kapal Ambulans laut sendiri memiliki kapasitas mesin Honda 3×250 PK, dengan kapasitas untuk satu mesin 50 liter bahan bakar,” katanya.

Lebih lanjut Pahlevi menyebut, kapal ini mampu menampung dua orang pasien dilengkapi Alat Kesehatan (Alkes) dan 6 unit kursi tunggu.

“Dengan panjang kapal 13,5 meter, lebar 3,4 meter, dengan total anggaran sebesar 2,2 miliar sudah termasuk Pajak, serta untuk lama pengerjaannya empat hingga lima bulan,” imbuhnya.(*)

REPORTER : Aziz Maulana

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH