Saat Berlaku New Normal di Batam, Inilah Barang yang Wajib Dipakai dan Dibawa Masyarakat

2881
Saat Berlaku New Normal di Batam, Inilah Barang yang Wajib Dipakai dan Dibawa Masyarakat

WARTAKEPRI.co.id, BATAM –  Sejumlah daerah akan menerapkan aturan New Normal. Penerapan New Normal mengharuskan masyarakat menyesuaikan dengan sejumlah tatanan baru dalam beraktivitas. Baik itu bekerja, atau melakukan aktivitas di ruang publik.

Menurut Kapala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Batam Dr. Didi kusmarjadi, SoPG, MM, penerapan New Normal bagian dari upaya pemerintah memastikan roda perekonomian kembali berjalan. Fase “New Normal” atau normal baru menuntut untuk melakukan kebiasaan yang mungkin sangat jarang dilakukan sebelum virus corona merebak.

Hal ini menjadi upaya pelindungan diri sendiri dan orang lain agar terhindar dari penularan virus corona. Ketika beraktivitas, apa saja yang harus dibawa pada masa New Normal?

1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Jangan lupa kantung untuk masker habis pakai.
2. Hand sanitizer, disinfektan semprot dan sabun cair.
3. Tisu basah dan kering.
4. Alat makan dan botol minum.
5. Perlengkapan ibadah.
6. Siapkan helm sendiri kalau mau naik ojol.
7. Suplemen atau multivitamin untuk menambah stamina

Barang-barang perlu dan ada di rumah serta barang bawaan pribadi diantaranya, masker, cairan cuci tangan, hingga membawa sabun cuci tangan sendiri. “Masker, hand sanitizer, atau sabun cuci tangan,” kata didi saat dihubungi Wartakepri.co.id, Sabtu (6/6/2020).

Perangkat lain yang perlu dibawa, menurut didi, pelindung mata. “Googles untuk melindungi droplet yang mungkin masuk mata,” Didi.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Ia menambahkan, barang-barang untuk keperluan makan dan minum sebaiknya juga dibawa sendiri. Agar penggunaannya tak bersama dengan orang lain. “Alat makan sendiri seperti sendok, garpu, piring,” lanjut dia.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan perlindungan dan keselamatan diri.Persiapan lainnya menyongsong  new normal, menambah pengetahuan dan informasi kesehatan dari sumber yang kredibel dan terpercaya. Sementara itu, jika kembali bekerja di kantor, perhatikan aturan new normal di tempat kerja.

Melansir “Buku Serba Covid, Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua” yang diterbitkan oleh Badan Pengelola Obat dan Makanan (Badan POM berikut beberapa tips dalam menghadapi new normal di tempat kerja.

Hindari dari pertemuan sosial dan jaga jarak fisik minimal 1 meter. Pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik Cuci tangan sesering mungkin memakai sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik

Bila perlu, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol Jaga kebersihan area kerja dan lakukan disinfeksi berkala. Bila sakit, bekerjalah dari rumah. Meludah, batuk atau bersin memakai tisu dengan menutup seluruh hidung dan mulut. Bungkus tisu bekas pakai ke dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah tertutup.

Sementara itu, mengacu Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020, diatur Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja Perkantoran Dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Dalam Keputusan Menkes itu, diatur berbagai hal yang harus diterapkan perusahaan dan aturan bagi pekerja sebagai langkah pencegahan Covid-19. Bagi pekerja, di antaranya, saat perjalanan ke/dari tempat kerja, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Pastikan dalam kondisi sehat, jika ada keluhan batuk, pilek, demam agar tetap tinggal di rumah.
Gunakan masker. Upayakan tidak menggunakan transportasi umum. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter

Upayakan tidak sering menyentuh fasilitas umum Gunakan hand sanitizer Gunakan helm sendiri. Upayakan membayar secara non tunai. Jika terpaksa memegang uang, gunakan hand sanitizer sesudahnya. Tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan. Gunakan tisu bersih jika terpaksa.(*)

Tulisan : Zulfahmi

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI