Antisipasi konflik Laut China Selatan Kapal Perang KRI Siaga Menjaga Perairan Laut Natuna Utara

863
Pangkoarmada 1 Laksda TNI Ahmadi Heri di Laut Natuna Utara

WARTAKEPRI.CO.ID – Terlihat Kapal Perang Indonesia KRI mulai siaga penuh diperairan Natuna Provinsi Kepri untuk mengantisipasi potensi Konflik Laut China Selatan yang kian meruncing pada kedua Negara China Dan Amerika.

Demi meningkatkan pengamanan perairan Laut Natuna Utara, pemerintah akan mengirim 4 KRI dari jenis Fregat dan Korvet (kapal anti kapal selam).

HARI INI TERLIHAT KRI YOS SUDARSO 353/ KRI KAL BUNGARAN/ KRI BONTANG 907/ KRI BUNGTOMO TAMPAK DI PASLABUH SELAT LAMPA KABUPATEN NATUNA.

 

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I TNI AL, Laksda. TNI. Ahmadi Heri Purwono, mengatakan, sebagai negara yang wilayah yang berada di kawasan konflik, sudah sewajarnya pemerintah Indonesia mengambil langkah mengamankan wilayah perairan Natuna Utara.

“Kita lapis dan siapkan Empat Kapal jenis fregat dan jenis korvet di Laut Natuna Utara, untuk mengantisipasi ketegangan yang terjadi di perairan China selatan,” ujar Pangkoarmada I, Laksda TNI. Ahmad Heri Purwono, Geladak KRI Yos Sudarso di Faslabuh Selat Lampa, Natuna, Kamis (18/6/2020).

Selain itu, keberadaan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di laut Natuna utara ini juga mengantisipasi dari meningkatnya tensi di Laut China Selatan, karena tidak menutup kemungkinan laut Natuna utara akan terkena dampak.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Tensi di Laut China selatan semakin tinggi namun dampak ke pada kita belum ada, Kita wajib mengatisipasi sebab Kita punya hak kedaulatan dan hak berdaulat, kita harus mempertahankan wilayah kita jangan sampai negara lain ganggu pihak asing,” tambahnya.

Pangkoarmada I juga menghimbau kepada masyarakat nelayan yang berada di perairan Natuna untuk tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

“Jangan takut untuk melakukan penangkapan ikan, kami dari pihak TNI AL akan tertap mengawal kapal nelayan Indonesia saat mengkap ikan di laut,” tutup Jendral Alumnus Alademi Angkatan Laut (AAL) ke XXXIII tahun 1988.

Setelah dari Dermaga Selat Lampa, dilanjutkan peninjauan ke Kompi Komposit Marinir, disana Pangkoarmada I memberikan pengarahan serta memberikan tali asih kepada personil Marinir yang bertugas.

Turut mendamping kunjungan Kerja Panglima di Natuna, Komandan Guspurla Koarmada I,Laksma TNI Didong Rio, Komandan Lantamal IV Tanjung Pinang,Kolonel Laut (P) Indarto Budiarto, Komandan KRI Yos Sudarso Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir. (Rky)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH