Update 3 Juli 2020 Batam, Dua Hari Tambahan Pasien Covid-19 Positif ada 9 Pasien dan Berikut Penelusurannya

645
Update 3 Juli 2020 Covid 19 Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pada hari ini Jum’at, 03 Juli 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru warga Kota Batam yang memeriksakan diri secara mandiri serta hasil contact tracing terhadap kasus sebelumnya di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid19 pada kasus ini adalah 4 (empat) orang warga Kota Batam yang terdiri dari 2 (dua) orang perempuan dan 2 (dua) orang laki-laki. Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.BS” usia 40 tahun, Wiraswasta , beralamat di Kawasan Perumahan Kampung Agas Sungai harapan Kelurahan Sungai Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 235 Kota Batam. Yang bersangkutan datang memeriksakan diri ke RS Bhayangkara Batam pada tanggal 22 Juni 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab tenggorokan secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan bekerja di Malaysia dengan hasil yang diketahui dan diperoleh dari Laboratorium Klinik Prodia melalui RS Bahayangkara Batam pada hari ini terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

2. Seorang perempuan berinisial “Ny.F” usia 80 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Kampung Jawa Kelurahan Sekanak Raya Kecamatan Belakang Padang Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 236 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan nenek dari terkonfirmasi Positif nomor.190 yang merupakan ASN Satker Kementerian Kesehatan di Batam, dimana pada saat perayaan lebaran mereka sekeluarga berkumpul di rumah orang tuanya di Belakang Padang.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Sehubungan tindaklanjut contact tracing yang dilakukan oleh tim surveillance terhadap kasus cucunya tersebut maka terhadap yang bersangkutan pada tanggal 18 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada tanggal 21 Juni 2020 dengan terkonfirmasi “Negatif”. Namun mengingat yang bersangkutan merupakan closes contact maka pada tanggal 30 Juni 2020 kembali dilakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan kedua yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, namun demikian mengingat usianya yang sudah tua dan memiliki riwayat gangguan pada panggulnya selanjutnya akan ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSBP Batam Kota Batam.

3. Seorang laki-laki berinisial “Tn.JF” usia 20 tahun, Belum Bekerja, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 237 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan adik kandung dari Terkonfirmasi Kasus Nomor. 215 dan 229 dan anak kandung dari Terkonfirmasi Kasus Nomor. 234, yang berkaitan dengan erat dengan Terkonfirmasi Positif nomor. 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari “Cluster PT. FCS Kabil”.

Sehubungan tindak lanjut contact tracing yang terus dilakukan oleh tim surveillance terhadap cluster ini maka terhadap yang bersangkutan pada tanggal 27 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “IgG Reaktif samar”.

Sesuai hasil pemeriksaan RDT tersebut maka yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 Galang guna menjalankan isolasi/karantina. Selanjutnya pada tanggal 30 Juni 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukan pemeriksaan Swab Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 235-238 Dari Hasil Temuan Kasus Baru Dan Contact Tracing Terhadap Cluster PT. FCS dan KKP 03 Juli 2020 Pukul 16.00 WIB Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sudah dalam masa perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatan di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam tersebut

4. Seorang perempuan berinisial “NY.AHH” usia 25 tahun, Belum Bekarja, beralamat di kawasan perumahan Kampung Bumi Permai Kelurahan Kibing Kecamatan Batu Aji Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 238 Kota Batam. Yang bersangkutan pada tanggal 29 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke Klinik Medilab Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan panggilan pekerjaan dengan hasil“Reaktif”.

Mengingat hasil “reaktif” pada pemeriksaan RDT tersebut maka dilakukan edukasi oleh pihak Klinik Medilab Batam dan untuk penanganan selanjutnya dilakukan oleh Puskesmas Batu Aji sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya.

Selanjutnya pada keesokan harinya tanggal 30 Juni 2020 yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 Galang untuk dilakukan observasi dan isolasi, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Update 5 Positif Covid-19 Kamis 2 Juli 2020

Sementara itu, Pada hari ini Kamis, 02 Juli 2020, disampaikan rilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan temuan kasus baru Warga Kota Batam yang memeriksakan diri secara mandiri serta hasil contact tracing terhadap kasus sebelumnya di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 5 (lima) orang Warga Kota Batam yang terdiri dari 3 (tiga) orang perempuan dan 2 (dua) orang laki-laki. Berikut disampaikan riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

5. Seorang perempuan berinisial “Nn.RMR” usia 22 tahun, tenaga kesehatan kefarmasian pada RSIA di Kawasan Batam Centre, beralamat Kawasan Perumahan Komplek Aku Tahu 2 Kelurahan Sungai Panas Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid19 Nomor. 230 Kota Batam. Yang bersangkutan pada tanggal 24 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke RS Budi Kemuliaan Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan ke Medan dengan hasil “Reaktif”.

Mengingat hasil “reaktif” pada pemeriksaan RDT tersebut maka kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada keesokan harinya tanggal 26 Juni 2020 dengan terkonfirmasi “Negatif”. Selanjutnya pihak RS Budi Kemuliaan Batam mengedukasi yang bersangkutan agar melaksanakan karantina mandiri/self quarantine dirumahnya dan menyerahkan tindak lanjut penanganan selanjutnya kepada Puskesmas Baloi Permai sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya. Kemudian oleh Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Puskesmas Baloi Permai, pada tanggal 29 Juni 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam kembali dilakukan pengambilan swab tenggorokan kedua yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

6. Seorang anak laki-laki berinisial “An.MRF” usia 04 tahun, belum sekolah, beralamat di kawasan perumahan Kampung Belimbing Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 231 Kota Batam. Yang bersangkutan bersama ibunya pada tanggal 26 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke Ruimkitban Kodim Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan ke Bengkulu dengan hasil “Reaktif”.

Mengingat hasil “reaktif” pada pemeriksaan RDT tersebut maka oleh pihak Rumkitban Kodim Batam dilakukan edukasi kepada ibu yang bersangkutan untuk melaksanakan karantina mandiri/self quarantine dirumahnya dan tindak lanjut penanganan selanjutnya diserahkan kepada Puskesmas Sungai Panas sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya. Kemudian pada keesokan harinya tanggal 27 Juni 2020 oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Sungai Panas kembali dilakukan pemeriksaan RDT yang kedua dengan diperoleh hasil tetap “Reaktif”.

Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

7. Seorang perempuan berinisial “NY.W” usia 34 tahun 05 bulan, Ibu Rumah Tangga (IRT), Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 230– 234 Dari Hasil Temuan Kasus Baru dan Contact Tracing Terhadap Cluster PT. FCS 02 Juli 2020 Pukul 16.00 WIB beralamat di kawasan perumahan Kampung Belimbing Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 232 Kota Batam.

Yang bersangkutan bersama anaknya pada tanggal 26 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke Ruimkitban Kodim Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan ke Bengkulu dengan hasil “Reaktif”. hasil “reaktif” pada pemeriksaan RDT tersebut maka oleh pihak Rumkitban Kodim Batam dilakukan edukasi kepada ibu yang bersangkutan untuk melaksanakan karantina mandiri/self quarantine dirumahnya dan tindak lanjut penanganan selanjutnya diserahkan kepada Puskesmas Sungai Panas sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya.

Kemudian pada keesokan harinya tanggal 27 Juni 2020 oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Sungai Panas kembali dilakukan pemeriksaan RDT yang kedua dengan diperoleh hasil tetap “Reaktif”. Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

8. Seorang laki-laki berinisial “Tn.H” usia 35 tahun, Karyawan Perusahaan Plastik di Kawasan Kabil, beralamat di kawasan perumahan Cipta Land Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 233 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan Tenaga Kerja lokal di salah satu pabrik plastik di kawasan Industri Kabil dan juga merupakan rekan sekerja dari Terkonfirmasi Positif nomor. 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari “Cluster PT. FCS Kabil”.

Sehubungan tindak lanjut contact tracing yang dilakukan oleh tim surveillance terhadap cluster ini maka terhadap yang bersangkutan pada tanggal 22 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “Non Reaktif”. Kemudian setelah ditemukannya kasus Terkonfirmasi positif nomor 216 yang berasal dari cluster ini maka pada tanggal 29 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan kepada yang bersangkutan dengan hasil diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

9. Seorang perempuan berinisial “Ny. BSK” usia 45 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 234 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan Ibu kandung dari Terkonfirmasi Kasus Nomor. 215 & 229 yang berkaitan dengan erat dengan Terkonfirmasi Positif nomor. 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari “Cluster PT. FCS Kabil”.

Sehubungan tindak lanjut contact tracing yang terus dilakukan oleh tim surveillance terhadap cluster ini maka terhadap yang bersangkutan pada tanggal 27 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan RDT dengan hasil “IgG Reaktif, IgM Rfeaktif samar”.

Sesuai hasil pemeriksaan RDT yang diperoleh tersebut maka yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 Galang guna menjalankan isolasi/karantina. Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum. GUGUS TUGAS COVID-19 KOTA BATAM Ketua Dto H. MUHAMMAD RUDI

Update 1 Juli 2020 Batam, Tambahan 2 Pasien Covid-19 Positif dan 1 ASN KKP Warga Perum KDA Sembuh

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO