Update 9 Juli 2020 Batam, Tambahan 3 Covid-19 Positif Cluster Santri dan Dosen Swasta

761
Covid 19 Batam 9 Juli 2020

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pada hari ini Kamis, 09 Juli 2020, kami sampaikan rilis terbaru kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil Temuan dari kasus baru dan Contact Tracing Kasus 208 di Kota Batam.

Dengan ini kami sampaikan uraian jumlah orang yang terpapar dari temuan kasus ini sebanyak 3 (tiga) orang lakilaki Warga Kota Batam yang Terkonfirmasi “Positif”.

1. Seorang Laki-laki berinisial “Tn.M” usia 32 Tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Batu Merah Kelurahan Batu Merah Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, merupakan kasus baru Covid19 Nomor. 249 Kota Batam, yang bersangkutan merupakan ayah kandung dari Terkonfirmasi Positif Kasus Nomor. 208.

Berdasarkan hasil Penyelidikan Epidemiologi yang dilakukan terhadap kasus anaknya tersebut selanjutnya pada tanggal 22 Juni 2020 bertempat di RS Budi Kemuliaan Batam dilakukanlah pengambilan swab pertama yang hasilnya diketahui pada tanggal 24 Juni 2020 dengan Terkonfirmasi Negatif.

Selanjutnya setelah 14 (empat belas) hari kemudian pada tanggal 06 Juli 2020 bertempat di RS Budi kemuliaan Batam kembali dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang dalam persiapan untuk ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam

2. Seorang Laki-laki berinisial “Tn.P” usia 45 Tahun, Dosen PT Swasta, beralamat di kawasan perumahan Palem Raya Kelurahan Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 250 Kota Batam, yang bersangkutan mengatakan bahwa pada tanggal 17 Juni 2020 memeriksakan diri ke klinik Husada Tama Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan dengan hasil “reaktif”.

Mengingat hasil RDT nya tersebut untuk itu pihak klinik kemudian menyerahkan pemantauan dan penanganannya selanjutnya ke Puskesmas Tanjung Sengkuang sesuai dengan alamat/domisili tempat tinggalnya dan diedukasi untuk melaksanakan karatina mandiri/self quarantine dirumahnya tersebut. Kemudian pada tanggal 22 Juni 2020 bertempat di RS Budi Kemuliaan Batam dilakukanlah pengambilan swab pertama yang hasilnya diketahui pada tanggal 24 Juni 2020 dengan Terkonfirmasi Negatif.

Selanjutnya setelah 14 (empat belas) hari kemudian pada tanggal 06 Juli 2020 bertempat di RS Budi kemuliaan Batam kembali dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sedang dalam persiapan untuk ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam

3. Seorang Remaja Laki-laki berinisial “Tn.WA” usia 19 Tahun, Pelajar/Santri, beralamat di kawasan perumahan Tiara Mantang Kelurahan Sagulung Kota Kecamatan Sagulung Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 251 Kota Batam, bahwa pada tanggal 04 Juli 2020 yang bersangkutan memeriksakan diri ke Klinik Medi Plus untuk melakukan pemeriksaan RDT guna memenuhi persyaratan penerbangan ke Jawa Timur untuk melanjutkan pendidikannya yang hasilnya diperoleh “Reaktif”.

Mengingat hasil pemeriksaan RDT nya tersebut selanjutnya pemantauan dan penanganan yang bersangkutan dilakukan oleh Puskesmas Sungai Lekop sesuai dengan alamat tempat tinggalnya.

Kemudian pada tanggal 05 Juli 2020 oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Sungai Lekop yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/isolasi dirumah Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 249 – 251.

Dari Hasil Temuan Kasus Baru dan Hasil Contact Tracing Kasus 208 9 JULI 2020 Pukul 16.00 WIB sakit tersebut, dan pada keesokan harinya tanggal 06 & 07 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang tersebut dilakukanlah pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import, hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum. GUGUS TUGAS COVID-19 KOTA BATAM Ketua H. MUHAMMAD RUDI.(*)

Update 7 Juli 2020 Batam, Tambahan 5 Covid-19 Positif Cluster Santri di Tiban dan Warga Kampung Belimbing

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH