Taati Protokol Kesehatan, Desa Tanjung Batu Kecil Buru Karimun Menjadi Kampung Tangguh Seligi

257
Taati Protokol Kesehatan, Desa Tanjung Batu Kecil Buru Karimun Menjadi Kampung Tangguh Seligi

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dengan memasuki fase New Normal saat ini, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan selalu melakukan pelbagai upaya pencanangan, salah satunya upaya pencanangan Desa Tanjung Batu Kecil Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sebagai Kampung Tangguh Sehat Lingkungan Jaga Imunitas (Seligi).

Keseriusan aparat dan masyarakat Desa Tanjung Batu Kecil dalam mengatasi dampak pandemi Virus Corona tersebut dipuji langsung oleh Kapolres Karimun.

“Kampung Tangguh Seligi Desa Tanjung Batu Kecil ini menerapkan New Normal dengan berpedoman kepada protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” terang Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Sabtu (11/7/2020).

Sehingga Adenan mengharapkan kedepannya Desa-Desa yang lain juga dapat menerapkan protokol kesehatan, sehingga banyak Kampung Tangguh di wilayah Kabupaten Karimun.

“Tidak hanya warganya yang disiplin, Desa Tanjung Batu Kecil juga memiliki beberapa fasilitas pendukung dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, di antaranya Rumah Percontohan Protokol Kesehatan, pos makanan bergizi, pos UMKM, pos penanggulangan bencana, pos kesehatan desa, dan lain sebagainya,” ungkap Adenan.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Menurut Kapolres, hal yang lebih penting adalah implementasi masyarakat Desa Tanjung Batu Kecil itu sendiri, sehingga Adenan berharap warga benar-benar menjaga kampungnya secara rutin dengan melakukan pantauan ketat, saling menjaga, serta menerapkan protokol kesehatan.

“Karena sumberdaya manusia adalah aset yang utama dan prioritas, sehingga diharapkan dengan pembentukan Kampung Tangguh Seligi ini yang memenuhi beberapa kriteria tangguh diantaranya tanggap kesehatan, tangguh information, tanggap keamanan dalam mengelola kamtibmas,” ungkap Adenan.

Disela-sela kegiatan, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan juga menyempatkan untuk memonitoring petugas garda terdepan di pelabuhan, guna melakukan pengecekan suhu tubuh para tamu undangan yang hadir, sekaligus mengecek posko penanganan Covid-19 Kampung Tangguh Seligi Desa Tanjung Batu Kecil.

Satu persatu di wajibkan rombongan yang akan masuk untuk menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang telah disediakan. Selain itu juga abapila membawa barang bawaan seperti tas ransel atau koper akan disemprot disinfektan.

Setelah selesai meninjau beberapa tempat lokasi, Kapolres beserta rombongan melaksanakan kegiatan penebaran benih ketahanan pangan, berupa benih Ikan kakap sebanyak 500 ekor dan dilanjutkan panen raya ketahanan pangan berupa ubi kayu (singkong) sebanyak 1000 Kg.

Pada pelaksanaan kegiatan yang berkelanjutan ini, turut serta dihadiri oleh Kabag Ops Polres Karimun, Kasat Lantas Polres Karimun, Kasat Polair Polres Karimun, Kapolsek Buru, Danramil Balai, Camat Buru, Kepala Puskesmas Buru, dan Lurah serta Kades se-Kecamatan Buru.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO