Tim Satgas TMMD ke-109 Kodim 0317/TBK Beri Penyuluhan Lingkungan Hidup ke masyarakat Pulau Buru

137

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Para pelajar, mahasiswa dan masyarakat pulau Buru diharapkan dapat memahami betapa pentingnya lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

Hal inilah yang di terapkan pada program TMMD ke-109 Kodim 0317/TBK, dimana tim Satgas memberikan penyuluhan tentang lingkungan hidup, Selasa (13/10/2020).

Turut serta hadir dalam penyuluhan tentang lingkungan hidup pada program sasaran non fisik TMMD tersebut, Lurah Buru, mahasiswa Universitas Karimun (UK), para pelajar, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kecamatan Buru.

Syahrudin, salah satu narasumber dari Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Karimun mengungkapkan, sudah menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga hutan dan lingkungan.

“Sehingga kekayaan alam yang dimiliki dapat dirasakan nantinya oleh anak cucu kita, generasi yang akan datang,” ungkap Syahrudin.

Sehingga menurutnya, dengan memberikan penyuluhan kepada peserta yang terdiri dari pelajar mahasiswa, dan masyarakat, pemaparan yang disampaikan dapat diserap dengan satu pemahaman yang sama, yakni betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup.

“Melalui penyuluhan ini maka di harapkan tumbuh kesadaran di tengah-tengah masyarakat untuk perduli terhadap lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Pasiter Kodim 0317/TBK Lettu Kav Tatang selaku Tim Pelaksana Lapangan pada kegiatan TMMD ke-109 tahun 2020 menuturkan, penyuluhan yang di berikan kepada masyarakat Kelurahan Buru dan Kelurahan Puding, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, sebagai upaya dari TNI-AD guna memberikan arti pentingnya menjaga lingkungan hidup di tangah masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dan memanfaatkannya secara bijak, sekaligus tetap melestarikan alam sekitar, karena lingkungan yang rusak tentu akan merugikan kita di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Pasiter juga menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus mengapresiasi kepada siruh pihak yang telah perduli menjaga lingkungan, agar tetap hijau dan sejuk di wilayah Karimun khususnya di Kecamatan Buru yang menjadi sasaran pokok pada pelaksanaan kegiatan TMMD ke-109 Kodim 0317/TBK saat ini.

“Perlunya kita menjaga lingkungan dan hutan yang ada disekitar kita demi menjaga kelestarian alam dan mempertahankan ekosistem yang ada, sekaligus menumbuhkan kesadaran tentang perlunya menjaga lingkungan hidup dan melestarikan hutan yang ada sebagai warisan yang harus dijaga demi kelangsungan hidup yang akan datang,” paparnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN