KPU Tetapkan Jumlah DPT di Pilkada Karimun 165.780 Pemilih Bertambah 8.647 Pemilih

277

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menetapkan 165.780 daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilkada Karimun tahun 2020.

Hal itu diputuskan usai penyelenggaraan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten Karimun, Rabu (14/10/2020) di hotel Aston.

“KPU Karimun sudah menetapkan sebanyak 165.780 pemilih yang tersebar di 12 Kecamatan,” terang Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko.

Jumlah DPT ini menurutnya bertambah 8.647 orang pemilih, dibandingkan jumlah pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS) sebelumnya hanya 157. 133 orang pemilih.

“Untuk pemilih atau warga yang belum terdaftar di DPT, pemilih tetap bisa ke TPS, melalui program daftar pemilih khusus (DPK), dengan menunjukkan e-KTP atau identitas lainnya berupa surat keterangan (Suket), kartu keluarga, dan paspor serta SIM,” papar Eko.

Untuk Masa Kampanye sendiri, Eko menyebut pada tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020. Dan Masa tenang mulai dari tanggal 6 hingga 8 Desember 2020.

“Pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 9 Desember 2020. Pengumuman hasil penghitungan suara tanggal 9 hingga 15 Desember 2020, serta rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 16 sampai dengan tanggal 20 Desember 2020,” pungkasnya.

Pilkada Karimun tahun 2020 ini menjadi ajang duel petahana dengan lawan politiknya.

Dimana pasangan petahana Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim (ARAH) dengan urut nomor 1, sedangkan kandidatnya, yakni pasangan Ing Iskandarsyah beserta Anwar Abubakar dengan jargon (Bersinar) mendapat nomor urut 2.

Pasangan petahana Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim (ARAH) sendiri dibeking oleh partai koalisi raksasa diantaranya partai Gerindra, PDI-P, Golkar, PKB, Demokrat, Nasdem, Hanura, Perindo, dan Gelora, serta PSI.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 2 Ing Iskandarsyah beserta Anwar Abubakar dengan jargon (Bersinar) di dukung dari PKS, PAN dan PPP.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN