Kenali Vaksin Sinovac, Kandidat Kuat Penangkal Virus Corona

547
Vaksin Sinovac Fofo Telegraph.co.uk
Harris Day Batam

Ada banyak vaksin yang dikembangkan untuk menangkal virus corona. Salah satu vaksin yang sedang dikembangkan dan telah melalui uji klinis fase ketiga adalah vaksin Sinovac. Vaksin ini merupakan vaksin virus corona yang dibuat oleh perusahaan Sinovac dari Tiongkok. Diharapkan uji klinis fase ketiga mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga vaksin segera diberikan kepada masyarakat supaya tidak ada lagi masyarakat yang terinfeksi virus corona.

Lebih Mengenal Vaksin Sinovac dari Tiongkok

Sinovac merupakan salah satu vaksin Covid-19 yang sedang diuji di Indonesia. Vaksin yang diproduksi oleh perusahaan raksasa biofarmasi Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd ini kemungkinan hadir lebih cepat di tengah masyarakat Indonesia. Kementerian Kesehatan RI bahkan menargetkan vaksin sudah datang dari Tiongkok pada akhir November.

Vaksin Sinovac Foto Tbs.seoul.kr

Seperti yang dilansir di laman situs Indonesia.go.id, PT Biofarma, dibawah lisensi Sinovac akan memulai produksi vaksin di Bandung pada kuartal I tahun 2021. Pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak Sinovac pada 9 September 2020, menyatakan bahwa uji klinis tahap I dan II telah berhasil dilakukan. Hal ini menjadi dasar bahwa kandidat vaksin Covid-19 ini terbukti aman dan efektif.

Sementara data uji klinis terbaru yang dirilis Sinovac bahwa vaksin yang mereka produksi aman dan efektif bagi lansia mulai usia 60 sampai 89 tahun. Sebanyak 421 lansia yang menjadi relawan uji klinis tahap II tidak mengalami masalah berarti pada bekas suntikan di lengannya. Dampak yang muncul seperti halnya suntikan vaksin lainnya.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

Vaksin Sinovac juga tidak menyebabkan gangguan fisiologis pada tubuh lansia. Tidak ada laporan yang menyatakan bahwa vaksin ini menimbulkan efek alergi serius, baik setelah suntikan vaksin pertama maupun kedua dengan interval 28 hari.

Pemeriksaan serologis memperlihatkan bahwa rata-rata antibodi yang muncul sampai ke level GMT 42,2 (the geometric mean antibody titer). Data ini memiliki makna akan muncul antibody rata-rata 42,2 kali dari baseline pada tubuh lansia yang diberi suntikan vaksin. Dengan hasil ini, pihak Sinovac sangat optimis bakal vaksin yang mereka produksi akan sangat berguna untuk menekan penyebaran Covid-19.

Selain pada lansia, vaksin Sinovac juga menunjukkan data yang sama baiknya pada tubuh orang dewasa. Uji klinis tahap I pada orang dewasa yakni berusia 18-59 tahun memberikan hasil yang sangat baik. Tidak muncul efek samping baik alergi maupun efek fisiologis lainnya pada relawan sehingga vaksin ini layak disebut aman dan efektif. Dari aspek serokonversi atau reaksi serologis yang menghasilkan imun pada tubuh juga baik, yakni GMT di level 43.

Uji Klinis Tahap Ke III

Proses Penyuntikan Vaksin Sinovac Foto Laprensalatina.com

Menurut berita yang ditulis Reuters, tiga dari empat calon kandidat vaksin Covid-19 dunia yang sedang uji klinis tahap III berasal dari Tiongkok. Di Indonesia vaksin Sinovac telah memasuki uji klinis tahap III dengan melibatkan ribuan relawan. Sejauh ini menurut Tim Uji Klinis, vaksin ini tidak mengakibatkan efek berat pada relawan dengan kata lain sejauh ini hasilnya cukup baik.

Data uji klinis tahap 3 juga senada dengan data yang ada di Brazil. Sekitar 9.000 orang menjadi relawan uji klinis tahap 3 di Brazil. Menurut Gubernur Sao Paulo, Joao Doria, menyatakan bahwa uji klinis tahap 3 vaksin Sinovac menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan. Joao juga menyampaikan bahwa vaksin buatan Tiongkok ini mungkin akan tersedia bagi masyarakat Brazil di awal Desember mendatang.

Informasi terbaru tentang vaksin virus Corona bisa Anda dapatkan di aplikasi kesehatan Halodoc. Bahkan melalui aplikasi ini Anda juga bisa melakukan tes rapid ataupun swab. Selain itu, tersedia juga fitur konsultasi dengan dokter yang bisa menjawab semua keluhan kesehatan Anda tanpa harus pergi keluar rumah.(*/Halodoc)

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN