BNNP Kepri dan PT SIIX Salurkan CSR Kepada Kelompok Tani dan Pembudidaya Sei Beduk

271
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau (Kepri) bekerja sama dengan PT SIIX Electronics Indonesia melakukan penyerahan bantuan CSR dari PT. SIIX Electronics Indonesia melalui program P4GN-BNN Provinsi Kepulauan Riau Selasa (27/10/2020) bertempat di Kecamatan Sei Beduk.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNNP Kepri Brigjend Pol Richard Nainggolan menyampaikan bahwa penyerahan bentuan ini sebagai tindak lanjut dari pemberdayaan alternatif yang dilakukan oleh BNNP Kepri terhadap masyarakat daerah rawan narkoba di Kelurahan Mukakuning.

“Pemberdayaan alternatif yang kita lakukan itu dalam bentuk life skill, memberikan keterampilan kepada kelompok masyarakat di wilayah Mukakuning untuk bisa terampil dan produktif,”ungkapnya.

Richard menuturkan, pihaknya telah melakukan budidaya ikan lele serta pembinaan dan pelatihan, sehingga saat ini para masyarakat yang tergabung dalam kelompok tersebut, mampu membudidaya ikan lele dengan sendirinya.

“Kita lakukan adalah budidaya ternak lele dan itu sudah dilakukan pembinaan, pelatihan. Mereka juga sudah bisa melakukan budidaya lele dilengkapi perlengkapan peralatan seluruhnya,”tuturnya.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

Selain itu lanjut Richard, kegiatan mereka ini sangat perlu pengembangan, nah hari ini PT SIIX mengambil peran untuk memberikan bantuan kepada kelompok budidaya atau tani yang sudah dibentuk agar dapat mengembangkan kembali usahanya.

“Dengan demikian, usaha berkembang, masyarakatnya produktif dan mempunyai perekonomian yang baik, tentunya diharapkan mereka tidak terpengaruh atau terjerumus kepada penyalahgunaan khususnya peredaran gelap narkotika,”ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa tujuannya membantu kelompok tani ini, PT SIIX juga mengambil peran dalam rangka menciptakan wilayah Sei Beduk menjadi wilayah yang bersih dari peredaran gelap narkotika,”ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PT SIIX Electronics Indonesia, Muhammad Dani Kurniadi menambahkan, adapun bantuan yang diberikan kepada kelompok tani dan pembudidaya ikan lele diantaranya, Genset, pompa air, pakan ikan lele dan jaring.

“Kita bersyukur dengan program CSR merupakan salah satu program kewajiban dari perusahaan untuk melaksanakan program CSR yang memiliki sifat berkelanjutan yang pastinya program seperti ini berkelanjutan,”terangnya.

Ia menyebut setiap tahun kita ada programnya dan setiap tahun kita pilih yang sesuai dengan kondisi pada saat itu,” kata Muhammad Dani.

“Bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin guna kelangsungan perekonomian dan mendukung ekonomi masyarakat sekitar, sehingga tidak terpengaruh oleh peredaran narkotika,”sebutnya.

Ditempat yang sama juga disampaikan Sekcam Sei Beduk, Dwiki mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diterima oleh kelompok tani atau pembudidaya ikan lele. Kedepan pihaknya akan terus melakukan pemantauan perkembangan dan peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat kecamatan Sei Beduk.

“Kami mewakili masyarakat Sei Beduk sangat berterimakasih kepada BNNP Kepri dan PT SIIX. Ini merupakan bentuk perhatian semua dan nantinya kita akan bertugas untuk memantau perkembangan dan peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat kami,”ucap Sekcam.

Ia berharap ini merupakan program bukan yang pertama, akan tetapi dapat berkembang ke kelurahan-kelurahan lainnya dan kelompok tani yang lainnya.

“Sebab masyarakat bukan hanya di kelurahan Mukakuning dan bukan hanya kelompok tani bersatu saja, masih banyak kelompok-kelompok tani lainnya yang membutuhkan bantuan dari kita semua,”pungkasnya.(*)

Taufik Chaniago

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN