Pulau Menjangan di Bali Barat dan Surga Keanekaragaman Hayati Bawah Laut nya

984
Wisata Pulau Menjangan, Dekat di Bali, Mudah Dijangkau Dari Banyuwangi
Elisa Noviyanti Sihombing

INDONESIA dikenal sebagai negara Kepulauan dengan adanya puluhan ribu pulau didalamnya. Termasuk pulau Menjangan yang terletak di sebelah Utara Kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam Perjalanan dari Denpasar.

Pulau ini merupakan pulau yang kecil tetapi meskipun demikian pulau ini menyimpan surga keanekaragaman hayti bawah laut nya dengan sangat sempurna dan begitu indah. Selain itu nama pulau Menjangan ini sendiri diambil dari Bahasa jawa yang arti Kijang atau rusa, aka nada banyak rusa liar yang akan untuk berenang ke pulau ini, sungguh keanekaragaman hayati yang sangat luar biasa bukan?

Meskipun demikian rusa yang ada di pulau ini juga alama kelamaan berkuang jumlah nya tentunya itu yang menjadi alasan Pemerintah untuk menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Untuk menjaga kelestarian Rusa dan Keanekaragaman hayati bawah laut yang ada di pulau Menjangan ini.

Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang yang ditandai dengan drop off sedalam 60 meter dan formasi batuan yang memebentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di gua-gua kecil, kakap kecil dan batfish banyak dijumpai. Dasar lautnya yang kaya akan barrel sponges dan sea fans yang bahkan dapat mencapai ukuran yang sangat besar sungguh pulau ini merupakan salah surga nya keanekaragaman hayati laut.

Tidak hanya samapai disitu saja keanekaragaman hayati laut yang ada di Pulau Menjangan ini juga menjadi tempat hidup bagi para ikan tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut bahkan mamalia laut yaitu ikan hiu.

Untuk mengetahui apa saja keanekaragaman hayati laut yang ada dipulau ini, beberapa ahli kelautan telah menemukan 4 jenis angelrfish yang baru pertamana kali ditemukan termasuk diantaranya adalah Sargassum angelrfish, Spotfin angelrfish, dan yang terutama Tono angelrfish yang secara khusus menarik perhatian para peneliti Kelautan.

Selain ikan langka tersebut kawasan laut dipulau ini merupakan rumah kuanekaragaman hayati laut bagi banyak kuda laut dan berbagai jenis biota laut laut yang unik.

Dengan adanya berbagai macam keanekaragaman hayati laut yang dapat dijumpai bahkan yang baru saja dijumpai oleh para peneliti Kelautan menjadikan pulau ini sebagai Surga dari Keanekaragam hayati bawah laut yang ada di Indonesia. Sudah menjadi tanggungjawab dan suatu keharusan untuk kita semua menjaga nya agar keanekaragaman hayati laut tersebut tetap lestari dan tidak punah jenis nya.

Tulisan Elisa Noviyanti Sihombing
Mahasiswi di Universitas Maritim Raja Ali Haji jurusan Ilmu Kelautan.

Sumber : Dari Berbagai Artikel di Website/anekatempatwisata.com

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel