Dari Maret-November 2020, Imigrasi Batam Catat Turis Asing masuk ke Batam Cuma 535 Orang

463
Imigrasi Batam Catat Turis Asing masuk ke Batam Cuma 535 Orang

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melaksanakan rilis terkait pantauan orang asing yang masuk untuk wilayah kota Batam. Ada dua tempat yang dibuka yakni Batam dan Soekarno Hatta khusus PCR.

Khairil Mirza, Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi kelas I Khusus TPI Batam Khairil Mirza menyampaikan bahwa kondisi saat ini yang masuk orang asing belum normal seperti biasanya. Pasalnya mengingat adanya wabah covid-19 yang melanda belahan dunia.

“Setidaknya kehadiran mereka ke Batam bisa meramaikan perhotelan, sekarang bisa dilihat sendiri banyak yang sepi dan tutup,”kata Khairil Mirza Selasa (1/12) di Media Centre Imigrasi Batam.

Menurutnya, memang hingga sekarang kondisi pelabuhan, tempat pemeriksaan imigrasi Batam Center, Harbourbay, Sekupang tetap seperti biasa tidak ada dikurangi.

“Mungkin ini berdampak dari akomodasi pemulangan atau pesawat yang kembali ke negara asalnya. Sehingga lebih mudah atau safety mengambil izin tinggal di Kota Batam,”tuturnya.

Kita ketahui, lanjut Mirza, Batam sangat banyak dilintasi orang asing. Sebelum pandemi Covid-19, mulai bulan Januari hingga Maret 2020 warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Batam itu berjumlah 252.054.

“Sedangkan masuk melalui wilayah Batam dan setelah pandemi, dari data yang masuk tanggal 21 Maret 2020 hingga 30 November 2020 jumlah WNA keseluruhannya mencapai 535 orang, artinya ini sangat turun drastis jika dibandingkan dengan kunjungan sebelum Covid 19,”ucapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama juga disampaikan Bidpray Situmorang, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian menegaskan Imigrasi juga tetap semangat dalam menjaga dan melaksanakan tugas di pintu gerbang diberbagai pelabuhan dan juga Bandara, meski dalam resiko apapun.

“Kami tetap eksis sampai sekarang, khususnya beberapa petugas yang bertugas di tempat keramaian, terutama titik rawan keluar masuknya masyarakat baik ke Indonesia maupun keluar negeri,”tegasnya.

Jadi, sambung Situmorang, untuk pelabuhan yang ada di Batam yang aktif khusus TPI yang ada di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre yang masih normal baik pelayanan maupun petugasnya.

“Sejumlah pelabuhan yang lain seperti pelabuhan sri pura Nongsa, petugas hanya melayani Senin sampai dengan Jumat, Pelabuhan Harbourbay seminggu 3 kali seminggu yakni senin, Rabu, dan Jumat,”pungkasnya.(*)

Kiriman Taufik Chaniago

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel