Pengadilan Tinggi Riau Gelar Pengawasan dan Pembinaan ke Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun

Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna menjaga pelaksanaan tugas lembaga Peradilan dapat terselenggara dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Agung RI, Pengadilan Tinggi Riau melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri kelas II Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (9/12/2020).

Pada pelaksanaan kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau, Soedarmadji beserta rombongan, telah melaksanakan pengawasan sekaligus pembinaan yang rutin dilakukan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Meskipun masih dalama pandemi COVID-19, maka kegiatan pengawasan dan pembinaan sebelumnya dilakukan melalui virtual meeting.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Riau Soedarmadji menyampaikan, agar para hakim beserta seluruh aparatur Pengadilan, untuk selalu berkarya dan berinovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Untuk selalu menjaga marwah Pengadilan, demi terwujudnya visi dan misi Mahkamah Agung,” terang Soedarmadji, Jum’at (11/12/2020).

Soedarmadji menambahkan, pada pembinaan dan pengawasan dari Pengadilan Tinggi Riau tersebut, guna menjamin terwujudnya pelayanan publik serta mencegah terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang.

“Oleh Karena itu, maka perlu dilaksanakan, baik pengawasan secara rutin maupun regular yang dilakukan dalam bentuk pemeriksaan di lingkungan lembaga Peradilan, sehingga perlunya upaya peningkatan kinerja, dan saling bahu-membahu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Tanjungbalai Karimun, Joko Dwi Atmoko menjelaskan, dalam kunjungan kerja kali ini dalam pengawasan dan pembinaan, terdapat beberapa penilaian, diantaranya mencakup Akreditasi, diawali dengan meninjau langsung gedung kantor Pengadilan Negeri Kelas II Tanjungbalai Karimun, serta baik sarana dan prasarana penunjang lainnya, seperti halaman kantor, ruang PTSP, ruang sidang, ruang tahanan, ruang arsip, kebersihan dan kerapihan, hingga ruang kerja, baik Kepaniteraan maupun Kesekretariatan.

“Sehingga seluruh bagian, mulai dari Kepaniteraan hingga Kesekretariatan yang dinilai oleh pengawas,” paparnya.

Dimana menurut Joko, Pengadilan Negeri Kelas II Tanjungbalai Karimun yang berada dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Riau telah mendapat pengawasan dan pembinaan secara langsung.

“Dalam pengawasan tersebut yang menjadi objek pemeriksaan yakni Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan, serta administrasi kesekretariatan,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan kegiatan Pembinaan dan Pengawasan (Closing Meeting) ditutup dengan paparan dari Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Riau, atas hasil temuan dari Pengawasan. Dari hasil temuan pengawasan ini diharapkan untuk segera ditindaklanjuti dan dijadikan sebagai bahan agar kedepannya lebih baik lagi.

Reporter Aziz Maulana

FANINDO

Honda Capella