BMKG Perkirakan Tiga Hari Kedepan Cuaca Anambas Hujan Lebat Disertai Gelombang Tinggi

221
Cuaca Anambas
Cuaca Anambas - BMKG Perkirakan Tiga Hari Kedepan Cuaca Anambas Hujan Lebat Disertai Gelombang Tinggi
Sirajul Munir
Sirajul Munir Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tarempa BMKG

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tarempa memprediksi cuaca wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas selama tiga hari kedepan akan turun Hujan Ringan hingga sedang dan deras yang di sertai dengan gelombang tinggi mencapai 9 meter.

Gelombang tinggi dengan kategori Sangat Tinggi hingga Ekstrim yang mencapai 6 hingga 9 meter akan terjadi diperairan Kepulauan Anambas pada tiga hari kedepannya.

“Dua hari kedepan wilayah kita masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga deras yang disertai angin dan gelombang tinggi,” ucap Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tarempa BMKG, Sirajul Munir, S.Mat”.

Di perairan bagian Utara Kabupaten Kepulauan Anambas pada tanggal 10 sampai 11 Januari 2021 mendatang diprediksikan akan turun hujan ringan, dengan arah angin bertiup dari Barat Laut menuju ke Timur Laut dengan kecepatan 10 sampai 30 knot dan gelombang mencapai 4 hingga 6 meter.

Untuk hari ketiga, yaitu 12 Januari diprediksi akan turun hujan sedang, dengan arah angin bertiup dari Barat Laut menuju ke Timur Laut dengan kecepatan 10 sampai 30 knot dan gelombang dikatagorikan ekstrim yang mencapai 6 hingga 9 meter.

BACA JUGA Akibat Monsoon Asia, BMKG Karimun: Jika Tidak Mendesak Baiknya Tidak Naik Kapal Dulu

Di perairan Selatan Kabupaten Kepulauan Anambas pada tanggal 10 sampai 11 Januari 2021 diprediksikan akan turun hujan ringan dengan arah angin bertiup dari Barat Laut menuju ke Timur Laut dengan kecepatan 10 sampai 25 knot dan ketinggian gelombang hanya mencapai 2,5 hingga 4 meter, sedangkan pada tanggal 12 Januari 2021 cuaca hujan dan kecepatan angin masih sama dengan hari sebelumnya, hanya saja gelombang tinggi mencapai 4 hingga 6 meter.

Sirajul Munir Kepala BMKG Tarempa juga menambahkan bahwa pada hari ini Sabtu 9 Januari 2021 angin kencang diperkirakan mencapai 60 kilometer perjam, dan baru tercatat mencapai 27 knot atau sama dengan 48 kilometer perjam.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas agar selalu waspada, selama 3 hari kedepan, mengingat potensi cuaca ekstrim karena pengaruh La Lina masih berpotensi akan terjadi di wilayah Indonesia yang tentunya masih berimbas di wilayah kepulauan Anambas, berupa hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang dan juga gelombang tinggi, kami dari BMKG akan selalu memberikan informasi cuaca terkini untuk masyarakat” tutupnya.(Rama).

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI