Warga Ingin Donor Plasma Konvalsen Penyintas Covid-19, PMI Batam Siap Melayani Setiap Senin

PMI Batam Donor Plasma Covid
PMI Batam Donor Plasma Covid

WARTAKEPRI.co.id,BATAM – Palang Merah Indonesia Kota Batam melaksanakan kegiatan pencanangan Donor Plasma Konvalesen bagi penyintas Covid-19 yang dilaksanakan pada Senin, 25 Januari 2021 Pukul : 09.30 WIB di Gedung PMI Batam, Batam Centre.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Batam, dr Novia, mengatakan Kegiatan kita ada dua yakni, Pencanangan Donor Plasma Konvalesen wilayah kota Batam dan Sosialisasi dan Edukasi terkait Donor Plasma Konvalesen

“Untuk proses donor plasma dapat berlangsung cukup lama hingga kini sudah ada 45 peserta donor yang direkrut,”katanya usai di Wawacarai.

BACA JUGA Tim Patroli Polairud Kepri Amakan Kapal Speed Boat Bawa Mikol Tanpa Dokumen Bea Cukai

Ia menjelaskan, puluhan peserta tersebut telah melalui proses pre-screening yang panjang dengan program PMI saat ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan donoran darah sehingga mengurangi kekurangan darah di Rumah-rumah Sakit.

“Tujuan kita dalam pembuatan Plasma Konvalesen ini untuk membantu masyarakat atau pasien yang di rawat dirumah sakit yang ter infeksi Covid-19,” Jelasnya.

Ia menyebutkan, Plasma Konvalesen ini sebagai terapi penunjang untuk menambah imun didalam tubuh sama seperti imunisasi, jadi bukan terapi utama dari pasien covid-19.

“Untuk prosesnya hanya diambil plasmanya sebanyak 400 hingga 600 cc dengan cara aperesis, sisanya darah merah kembali kedalam tubuh,”sebut dr. Novia.

Jadi, mulai hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam telah menerima pencanangan donor Plasma Konvalesen terutama bagi penyitas covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh.

BACA JUGA Selamat, DPR RI Setujui Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

“Proses pengambilan cairan plasma itu tidak boleh terlalu lama dikarenakan batasnya waktunya itu hanya 5 hari saja,”imbuhnya.

Sekali lagi, kami sampaikan kepada masyarakat Batam bagi yang ingin mendonorkan plasma konvalensennya itu bisa dilaksanakan pada setiap hari Senin di Kantor PMI Batam,”tutupnya.(*)

Kiriman Taufik Chaniago

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel