Komjen Listyo Sigit Prabowo Dilantik Jadi Kapolri usai Jokowi Divaksin Covid-19

625
Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri, hari ini.

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id – Presiden Joko Widodo melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri hari ini Rabu, 27 Januari 2021.

Pelantikan Kapolri berlangsung setelah Presiden Jokowi menerima vaksin Covid-19 tahap dua.

Rencananya Jokowi disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua pada Rabu pagi, 27 Januari 2021.

“Rencananya Bapak Presiden akan menerima vaksin tahap kedua besok Rabu (27/1), sesuai jadwal yang telah ditentukan,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Jakarta, Selasa, 26 Januari 2021.

Selamat, DPR RI Setujui Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

Untuk diketahui, vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac membutuhkan dua kali penyuntikan masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari.

Sebelumnya, Presiden menerima suntikan pertama pada 13 Januari 2021 lalu.

Vaksinasi kedua ini juga akan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Setelah vaksinasi, Presiden akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara.

Komjen Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

“Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok, setelah Bapak Presiden menerima vaksinasi,” kata Kasetpres.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik sebagai Kapolri baru Rabu (27/1) besok.

Sigit dipastikan menerima tongkat estafet kepemimpinan Korps Bhayangkara dari Jenderal Polisi Idham Azis setelah parlemen menyetujui usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait calon tunggal Kapolri.

“Insya Allah beliau akan dilantik pada hari Rabu tanggal 27 ini. Jika tidak ada halangan akan dilakukan pelantikan,” ujar Rusdi saat konferensi pers virtual, Senin (25/1).

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri terpilih menggantikan Jenderal Idham Azis.

Penetapan itu dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani, Kamis (21/1) lalu.

Pengesahan diawali dari laporan Komisi III terkait hasil fit and proper test Listyo Sigit.

“Sidang dewan yang kami hormati sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan terhadap calon Kapolri tersebut dapat disetujui?” tanya Puan, kemudian dijawab setuju oleh para anggota DPR RI yang hadir.(*)

Honda Capella