YouTube Cabut Blokir Akun Donald Trump saat Risiko Kekerasan Menurun

Ilustrasi YouTube. (Photo: Internet)
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – YouTube dikabarkan akan mencabut blokiran akun mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kabar ini disampaikan langsung oleh CEO YouTube, Susan Wojcicki, sebagaimana dilansir laman Uzone.id, Sabtu (6/3/2021).

“Perusahaan akan mencabut blokir terhadap akun Donald Trump ketika risiko kekerasan menurun,” kata Wojcicki.

Seperti diketahui, akun Trump sempat diblokir setelah kerusuhan Capitol 6 Januari, karena menemukan video yang melanggar kebijakan YouTube atas hasutan kekerasan.

Tetapi komentar Wojcicki pada hari Kamis selama wawancara dengan lembaga Atlantic Council menunjukkan potensi diakhirinya tindakan perusahaan terhadap mantan presiden Amerika Serikat tersebut.

“Kami akan mencabut penangguhan Saluran Donald Trump ketika kami menentukan bahwa risiko kekerasan telah menurun,” kata Wojcicki dalam wawancara tersebut.

Wojcicki mengatakan akun Trump tetap terkunci karena risiko hasutan untuk melakukan kekerasan, terutama karena polisi Capitol mengantisipasi potensi ancaman milisi di US Capitol jelang pengukuhan Joe Biden sebagai Presiden AS yang baru.

“Saya pikir cukup jelas bahwa peningkatan risiko kekerasan masih tetap ada,” kata Wojcicki, seperti dikutip dari Business Insider.

Namun begitu, ketika akun Trump nantinya sudah diaktifkan kembali, dia tetap harus mengikuti semua pedoma kebijakan yang telah ditetapkan oleh YouTube.

Sumber: Uzone.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel