Cegah Abrasi, Kodim 0318 Natuna Tanam 1500 Batang Mangrove di Pantai Pelabuhan Penangi

168
Untuk mencegah abrasi Kodim Natuna
Cegah Abrasi, Kodim 0318 Natuna Tanam 1500 Batam Mangrove di Pantai Pelabuhan Penangi

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Untuk mencegah abrasi Komando Distrik Militer (Kodim) 0318 Kabupaten Natuna, menggelar penanaman pohon mangrove sebanyak 1.500 batang, dan tanam Pohon Ketapang di Bibir pantai pelabuhan Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Sedangkan untuk pohon ketapang ditanam di sepanjang Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Ranai, menuju Kantor Bupati Natuna, Minggu (14/03/2021).

Kegiatan penanaman kedua jenis tanaman itu dipimpin Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan yang juga sebagai Dansatgas TMMD.

Letkol Arm Asep Ridwan menyampaikan tujuan pembangunan non fisik TMMD penanaman mangrove ini bertujuan menghijaukan lingkungan dan menahan abrasi laut ketika di musim utara yang ekstrim.

“Melalui TMMD Ke-110 kali ini, kita jaga pantai agar tetap aman dari abrasi terutama pada saat musim utara tiba,” ucapnya.

Dandim Asep berharap, Kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem di wilayah Kabupaten Natuna.

Jadi penanaman pohon mangrove di Pantai Pring dan Pohon Ketapang sepanjang Jalan menuju Bikit Arai ini memiliki kekhususan dalam perawatan lingkungan, agar tidak terjadinya pengikisan di bibir pantai (abrasi laut).

TNI mengajak kalangan elemen masyarakat dan pegiat lingkungan hidup, selalu bersemangat untuk menjaganya. Penanaman kali ini bertajuk ”Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Hal senada diungkapkan Kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna Boy Wijanarko, dirinya menyampaikan terimakasih atas dukungan terhadap kegiatan program TMMD berupa penanaman pohon manggrove dan ketapang sebagai upaya untuk menjaga pelestarian lingkungan hidup.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-110 Kodim 0318/Natuna, telah turut serta ikut membantu menjaga pelestarian lingkungan di tanah melayu Laut Sakti Rantau Bertuah,” ujar Boy.

Boy Wijanarko juga merupakan Ketua dari Forum Komunikasi Putri Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Wilayah Kabupaten Natuna mengajak segenap masyarakat untuk melestarikan lingkungan.

“Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, bersama-sama mewujudkan lingkungan yang hijau, serta lebih peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita ini,” seru Boy.

Hadir Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan, Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Arh Agus Sungkowo, Danramil 01/Ranai Mayor Inf Narta dan personel SSK Satgas TMMD. (Rky)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel