Ditpolairud Polda Kepri Tangkap Kapal Motor Bawa 30 Koli Barang Diduga Ekspedisi J&T, Tidak Dilengkapi Surat

PKP Online

WARTAKEPRI.co.id,BATAM-Subditgakkum Ditpolairud Polda Kepri telah melakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) unit KM. YSM yang dinakhodai oleh Sdr. FNL Als IW di perairan Tanjung Tritip Batam yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Uma tujuan Tanjung Balai Karimun.

Dir Polairud Polda Kepri Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom menjelaskan bahwa yang mana kapal motor tersebut bermuatan barang-barang diduga ekspedisi yang isinya campuran berbagai jenis dengan jumlah 30 koli yg mana tanpa dilengkapi dengan Dokumen Kepabeanan yang syah dari Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam.

“Kita berhasil menggagalkan pengiriman barang online dari ekspedisi agen J&T Ekspress Kota Batam yang akan mengirimkan barang pelanggannya menggunakan Kapal Motor (KM) YSM yang dinahkodai oleh FNL,”kata Dirpolairud Polda Kepri Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom, Senin (3/5/2021) Sore.

BACA JUGA: Ditresnarkoba Polda Kepri Amankan Pria Diduga Pemilik Sabu Seberat 212 Gram

Adapun pada hari Kamis tanggal 29 April 2021 sekira pukul 23.00 Wib melakukan pemeriksaan terhadap satu unit kapal KM. YSM. Sedangkan menurut pengakuan, ekspedisi mereka gunakan memakai J&T ini sebagai jasa transport aja.

“Selanjutnya terhadap 1 (satu) unit KM. YSM, Nakhoda, Abk dua dan satu nahkoda, muatan sejumlah barang diserahkan ke Bea Cukai Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut lagi,”tuturnya.

Tim Subditgakkum Polairud Polda Kepri memeriksa dokumen kapal yang tidak memiliki izin lengkap, sudah jelas tentu tidak boleh berlayar. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benar tidak ada lengkap.

“Saat ini kapal dan dokumen sudah diserahkan ke Bea Cukai Batam. Berawal karena curiga dengan gelagat kapal tersebut,”katanya. (*)

Pengirim :Taufik Chaniago

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel