Diduga ISIS Manfaatkan Momen Lebaran 2021 Ledakan Masjid di Kabul Afganistan

194
Ledakan di Masjid Kabul
Ledakan di Masjid Kabul. Foto Rahmat Gul/AP

WARTAKEPRI.co.id, AFGANISTAN – Sebuah ledakan terjadi pada Jumat (14/5) di dalam sebuah masjid di pinggiran Ibu Kota Afghanistan, Kabul, menewaskan sedikitnya 12 orang. Insiden itu terjadi saat salat Jumat ketika para jemaah berkumpul dalam rangka liburan Idulfitri selama gencatan senjata.

Reuters melaporkan kelompok pemberontak Taliban, yang menyatakan gencatan senjata tiga hari selama lebaran, mengecam serangan itu dalam pernyataan.

ISIS pada Sabtu (15/5/2021) mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut lewat kantor berita miliknya, Nasheer, di Telegram.

Ferdous Faramarz, juru bicara kepolisian Kabul, mengatakan imam masjid itu termasuk 12 orang yang tewas. Sedikitnya 15 orang terluka dalam ledakan di distrik Shakar Dara itu.

BACA JUGA Krisis Iran vs Amerika Serikat, Sekitar 1.200 WNI di Iran dan Irak Siap Dievakuasi

Ledakan itu terjadi kurang dari seminggu setelah sebuah ledakan di sebuah sekolah menewaskan sekitar 80 orang, kebanyakan siswi dari etnis Hazara. Taliban juga mengecam serangan itu dan tidak mengklaim tanggung jawab.

Beberapa kelompok militan, seperti ISIS, tidak menyatakan gencatan senjata selama Idulfitri.

Kekerasan, termasuk serangan terhadap warga sipil, telah meningkat di Afghanistan, meskipun Amaerika Serikat (AS) telah memulai operasi untuk menarik mundur semua pasukan yang tersisa dalam empat bulan ke depan. (voaindonesia)

Foto: Rahmat Gul/AP

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel