Kewajiban Rapid Test Bagi Penumpang Kapal dari Wilayah Kepri ke Natuna Diperpanjang

318
PLH Bupati Natuna Hendra Kusuma
PLH Bupati Natuna Hendra Kusuma

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad kembali memperpanjang pembatasan bagi pengguna jasa transportasi laut antar kabupaten/kota di wilayah Kepri.

Penumpang masih diwajibkan melampirkan rapid test dengan hasil negatif. PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna selaku Juru Bicara Penangan Covid-19 Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, hal tersebut diberlakukan sehubungan dengan terbitnya Surat Edaran (SE) Gubernur nomor 469/SET-STC/V/2021 tentang perubahan atas SE Gubernur nomor 453/SET-STC/IV/2021 tentang ketentuan PPDN di wilayah Kepri.

“Melengkapi diri dengan surat keterangan hasil hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam,” ujar Hikmad.

Sedangkan jika negatif rapid tes antigen, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam. Atau mendapatkan hasil negatif pada pengujian Genose C-19 yang sampelnya diambil pada pelabuhan keberangkatan dan berlaku maksimal 1×24 jam.

PKP HIMALAYA

Seluruh perjalanan dengan transportasi laut setiap pelayaran termasuk yang dibawah 4 jam perjalanan tetap diberlakukan tes tersebut. Berdasarkan SE tersebut, berlaku efektif mulai hari ini, Selasa (18/5/2021) sampai dengan waktu yang akan ditentukan.

BACA JUGA Plh Bupati Natuna Hendra Kusuma Pimpin Rakor Penanganan Covid-19 Paska Lebaran

Tempat terpisah, PLH Bupati Natuna Hendra Kusuma menyikapi Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), melonjak saat lebaran Idul Fitri 1442 H. Tercatat per tanggal 14 Mei, ada 19 orang dinyatakan positif.

“Sehingga setiap kali kita melakukan tracking selalu ada saja yang ditemukan positif. Dan sekarang jumlahnya sudah cukup signifikan,” kata Hendra usai mengelar rapat, Senin (18/5/2021).

Hingga kini, Tim Gugus bersama Puskesmas Ranai tetap melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang pernah melakukan kontak terhadap para pasien yang telah dinyatakan positif Covid tersebut.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh aparatur pemerintahan, tertutama yang sudah menerima SK sebagai anggota Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Natuna agar dapat bekerja keras melakukan pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid – 19 yang kian hari kian meningkat.

“Saya tegaskan kepada semua anggota Gugus Tugas agar dapat bekerja maksimal, selama ini saya perhatikan cuma Disdamkar PBD, Dinkes dan Satpol PP saja yang bekerja keras, yang lain saya liat masih lemah. Ayo kita sama-sama bekerja, anggaran jangan dibiarkan mengendap di bank, segera kucurkan dan laksanakan seluruh kegiatan yang sudah ditentukan,” pintanya.(rky)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel