PC MCMI Karimun Nilai Kelahiran Pancasila Momen Untuk Amalkannya Secara Masif di Masa Pandemi COVID

617
MCMI Kabupaten Karimun
MCMI Kabupaten Karimun

WARTAKEPEI.co.id, KARIMUN – Masyarakat Cinta Masjid Indonesia ( MCMI ) PC Karimun, dalam rangka lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2021 menjadi momen terhadap pengamalan Pancasila itu sendiri dalam menjalani berkehidupan berbangsa dan bernegara, kerena lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 menjadi momentum disaat pandemi Covid -19 saat ini menjadi alat kesadaran berarti dalam butir – butir pancasila yang tertuang didalam rangka Pancasila itu sendiri, Senin (01/6/2021).

Hari lahirnya Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni ditandai oleh pidato Presiden pertama Indonesia Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai ( Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan ). “Pidatonya pertama kali megemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia,”ujar Ketua PC MCMI Karimun Abdul Rahman Sidik.

Adapun sejarahnya berawal dari kekalahan Jepang pada perang Pasifik, mereka kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan lembaga tersebut yang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai.

“Dengan perjalanan Sejarah kelahiran Pancasila ini menjadi suatu hal patut kita jalani sesuai dengan aturan – aturan yang telah berlaku demi rasa Kebangsaan dan Kenegaraan yang kuat menjaga NKRI yang kita Cintai ini,”ungkap Abdul Rahman.

Kalau kita melihat kembali sejarah , sidang yang berjalan selama 5 hari ,kemudian pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia yang dinamai ” Pancasila ” Panca artinya lima (5) sedangkan Sila artinya Prinsip atau asas,pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia,yakni sila pertama ” Kebangsaan “, Sila kedua Internasiolisme, atau Perikemanusiaan Sila Ketiga ” Demokrasi,” Sila Keempat ” Keadilan Sosial,” Sila Kelima ” Ketuhanan yang Maha Esa,”.

Untuk menyempurnakan rumusan pancasila dan menbuat Undang – Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia sembilan ( 9 ), yaitu Ir.Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim,Wahid Hasjim,Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr.AA Maramis ,dan Achmad Soebardjo.

Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Aguatus 1945.pada sidang tersebut ,disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang – Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap UU negara sudah menjadi kewajiban kita mentaati sila ketiga misalnya yang berbunyi ” Persatuan Indonesia,” artinya ada bahasa persatuan, apabila kita bersatu padu sama – sama mentaati protokol kesehatan, dan segenap elemen, artinya kita juga sama – sama membangun Bangsa dan Negara ini, ujar Abdul Rahman menjelaskan.

Pandemi Covid -19 saat ini dengan meningkatnya pemaparan dan penularannya perlu kerja sama semua pihak, kerena wabah yang semakin menjadi ini perlu kesadaran yang tinggi semua pihak bersama – sama menjaga 5 M.ungkap Abdul Rahman.(*)

Pengirim : Agus Ginting

Honda Capella

FANINDO