Tiga Bulan Beroperasi, Masyarakat Karimun Dapat Berobat Gratis di RS Apung NuWa

311
Salah satu sudut ruangan Rumah Sakit Apung Nusa Waluya 2. Yayasan Dokter Peduli merupakan program yang dimulai sejak hari Senin tanggal 21 Juni 2021 ini, hingga 21 September 2021. Dan jam pelayanan poli hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. (Foto : Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Rumah Sakit Apung Nusa Waluya 2 kini hadir ditengah-tengah masyakarat Tanjungbalai Karimun yang tidak mampu.

Rumah Sakit Apung ini telah memberikan pelayanan secara cuma-cuma, khususnya bagi masyarakat di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Yayasan Dokter Peduli merupakan program yang dimulai sejak hari Senin tanggal 21 Juni 2021 ini, hingga 21 September 2021. Dan jam pelayanan poli hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menjelaskan bahwa, Rumah Sakit Apung Nusa Waluya 2 tersebut guna mengatasi kebutuhan masyarakat yang kekurangan akan fasilitas kesehatan, terutama di pulau-pulau terpencil Kepulauan Riau, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun.

“Permasalahan kesehatan yang terkendala masalah geografis dan kondisi ekonomi,” terang Rachmadi, Senin (21/6/2021).

Rachmadi menambahkan, Rumah Sakit Apung Nusa Waluya 2 akan beroperasi selama 3 bulan, yang dipusatkan pada Pelabuhan Airud, Sei Sebesi Tanjung Batu, Kundur.

“Dengan pelayanan gratis atau pengobatan cuma-cuma, dan akan dilakukan pelayanan operasi katarak dan bibir sumbing pada tanggal 27 Juni hingga 3 Juli 2021, dengan mendaftar melalui Puskesmas setempat,” paparnya.

Kata Rachmadi, Rumah Sakit Apung Nusa Waluya 2 dokter spesialisnya tidak selalu ada, dan akan terjadwal. Salah satunya operasi mayor dan minor.

“Secara umum ada dokter gigi, dokter umum, dan pada saat-saat tertentu terdapat dokter bedah, dokter kandungan dan dokter penyakit dalam, serta dokter mata,” sebut Rachmadi.

Terlebih menurutnya dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan operasi bibir sumbing, dengan melibatkan dokter bedah plastik.

“Seluruhnya akan terjadwal, tidak setiap hari,” tandasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel