Brand Produk dan Layanan Baru, Telkomsel Kenalkan Kartu Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo



WARTAKEPRI.co.id – Sebulan paska pengenalan logo baru dan produk Telkomsel ke masyarakat Indonesia, respon positif dari pelanggan lama maupun pelanggan baru ditunjukkan dengan hasil survey yang memuaskan. Selain itu, tampilan logo baru dan layanan baru juga berdampak pada penjualan kartu perdana atau pengguna baru hampir kisaran 2 juta di wilayah Sumatera.

Hal ini disampaikan oleh Yusrizal General Manager Sales and Digitalization Management Area Sumatera Telkomsel dalam acara Media Update, Pembaruan Produk dan Layanan Telkomsel. Kagiatan ini akan dilaksanakan secara virtual yang diikuti perwakilan media seluruh Sumatera.

” Dari ribuan mitra gerai Telkomsel di Sumatera, semua beri respon positif karena dengan logo dan layanan produk baru lebih mudah memasarkannya. Dan, pelanggan baru tumbuh satu bulan ini kurang dari 2 juta pelanggan,” papar Yusrizal, Rabu (7/7/2021).

Dalam pemaparannya, teknologi digital terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Seiring dengan hal tersebut, masyarakat Indonesia terus menggali lebih dalam berbagai potensi dari adopsi gaya hidup digital yang menyeluruh.

Selama lebih dari 26 tahun, Telkomsel senantiasa berdedikasi dalam menghadirkan konektivitas di seluruh penjuru Indonesia. Namun, menjadi perusahaan telekomunikasi saja tidak lagi cukup dalam menghadirkan perubahan-perubahan transformatif yang lebih bermakna untuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Dan, pada 18 Juni 2021, Telkomsel memperkenalkan Identitas yang baru sebagai simbol perubahan, yang juga menandakan sebuah awal perjalanan guna membuka lebih banyak peluang bagi setiap lapisan masyarakat dan mewujudkan komitmen menjadi perusahaan digital terdepan di Indonesia.

Semangat pembaruan tersebut juga didorong dengan penggunaan tagline #BukaSemuaPeluang. Dimana Telkomsel hadir untuk melanjutkan komitmennya dalam memberdayakan dan menginspirasi masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih bermakna. Hal tersebut diwujudkan melalui layanan dan produk berbasis digital yang akan membuka lebih banyak peluang dan memaksimalkan potensi diri demi membawa masyarakat pada perubahan yang lebih berarti.

Brand Identity baru Telkomsel

Lebih dari perubahan simbol, namun sebagai Simbol Perubahan itu sendiri! Logo Telkomsel yang baru terinspirasi dari lekukan dan pola batik sebagai identitas budaya Indonesia. Warna merah yang telah menjadi ciri khas Telkomsel kini akan dilengkapi dengan kombinasi gradasi
warna untuk memunculkan semangat excitement dan friendliness.

Telkomsel dibangun akan optimisme terhadap masa depan yang lebih baik, yang membuka peluang untuk semua lini kehidupan. Hal ini disimbolisasikan dalam wujud ‘portal’, gerbang menuju dunia penuh peluang dan kemungkinan. Gerbang yang terbuka dan mengundang untuk masuk ke dunia digital yang terpercaya.

Pembaruan brand identity telkomsel terdiri dari beberapa elemen, baik visual maupun audio.

1. Logo dan font type: Terinspirasi dari warisan unik Indonesia yaitu motif batik, logo baru Telkomsel terinspirasi berbagai ukiran motif batik khas Indonesia, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah font type khusus milik Telkomsel, yakni Telkomsel Batik Sans. Font type ini merupakan karya anak bangsa Degarism Studio, Bandung. Selain itu, logo baru Telkomsel juga memadukan huruf kapital dan huruf kecil yang merepresentasikan semangat Telkomsel untuk lebih ramah dan dekat dengan pelanggan.

2. Simbol “Portal” Sebagai pendamping dari logo baru, Telkomsel memperkenalkan sebuah simbol baru berupa ilustasi “portal”, yang dapat digunakan secara sendiri atau bersama dengan logo baru. FIlosofi dari portal ini merepresentasikan semangat dari Telkomsel untuk membuka dunia yang penuh dengan peluang kepada Indonesia. Pengunaan simbol “Portal” tidak berdampingan dengan logo utama

3. Variasi warna: Merah dan putih dari bendera Indonesia tetap menjadi warna utama dari Telkomsel. Dan agar bisa menstimulasi perasaan dan terhubung secara lebih emosional kepada seluruh pelanggan, Telkomsel juga memperkenalkan beberapa warna sekunder yaitu: merah tua, biru navy, kuning, abu-abu dan hitam.

4. Brand architecture: Untuk menyederhanakan brand strategy dari seluruh layanan, Telkomsel juga secara bertahap akan mengubah pendekatan multi brand menjadi monolithic brand. Dimana dalam seluruh komunikasi kepada pelanggan, brand Telkomsel akan menjadi lebih kuat dan menonjol. Salah satu contohnya adalah penyederhanaan brand layanan prabayar simPATI, Kartu As dan Loop menjadi satu brand, yakni Telkomsel Prabayar.

5. Sonic branding: Selain elemen visual, Telkomsel juga menghadirkan musik baru yang akan merepresentasikan merk dari Telkomsel. Musik ini memadukan instrumen tradisional dan modern, menjadi sebuah musik yang energik, dinamis, modern dan orisinil.

6. Lagu Tema Telkomsel: Bersamaan dengan momen peluncuran logo baru, Telkomsel bekerja sama dengan Yovie Widyanto, Arsy Widyanto dan Tiara Andini untuk meluncurkan lagu tema baru milik Telkomsel dengan judul “Memilih aku”. Lirik dan melodi dari lagu ini menggambarkan rasa syukur dan terima kasih Telkomsel kepada Indonesia yang telah memilih Telkomsel selama 26 tahun, dan komitmen kuat bahwa Telkomsel akan selalu ada untuk Indonesia.

Telkomsel yang baru hadir sebagai brand yang lebih ekspansif dan menarik. Maka dari itu, kami akan membawa layanan yang variatif dalam menjawab kebutuhan setiap pelanggan agar dapat lebih menikmati hidup dengan kemudahan teknologi dan gaya hidup digital masa kini. Kini, saatnya bagi Telkomsel membawa berbagai terobosan baru sesuai jiwa perusahan, para perintis, pemimpin bangsa, dan pemimpin industri. Menggabungkan beragam produk dan layanan berkualitas dalam satu brand, di bawah naungan satu nama, Telkomsel.

Bagi Telkomsel, yang kami lakukan akan membawa pengalaman bermakna, karena semua yang kami lakukan akan membawa pada peluang baru dalam memaksimalkan potensi, baik dari individu maupun industri. Dengan Telkomsel yang baru, semua dapat membuka dan memaksimalkan peluang menuju penemuan dan awal untuk sebuah perubahan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia.

Pembaruan dan Penyesuaian Brand Produk dan Layanan:

Meneruskan komitmen Telkomsel sebagai digital telco company, Telkomsel ingin menguatkan pemenuhan kebutuhan konsumen kami di bidang digital. Dengan adanya perkembangan teknologi dan digitalisasi gaya hidup masyarakat, Telkomsel dulu, kini, dan selalu akan berfokus untuk menyediakan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan kami di seluruh usia, dengan misi dan semangat yang sama yaitu peningkatan gaya hidup digital di Indonesia.

Penggabungan nama brand layanan prabayar Telkomsel (simPATI, KartuAs dan LOOP) menjadi Telkomsel PraBayar, dengan desain starter pack baru yang akan segera hadir. Sebelum 18 Juni 2021 Mulai 18 Juni 2021. Informasi lebih lanjut untuk layanan Telkomsel Prabayar dapat diakses melalui: https://www.telkomsel.com/prabayar.

Nama brand layanan pascabayar kartuHALO berubah menjadi Telkomsel HALO yang ditandai dengan perubahan nama dan logo, namun tetap dengan layanan terbaik postpaid Telkomsel. Informasi lebih lanjut untuk layanan Telkomsel Halo dapat diakses melalui: https://www.telkomsel.com/halo

Bagi pelanggan setia produk Prabayar dan Pascabayar yang sudah menggunakan produk tersebut sebelum adanya perubahan nama dan logo brand brand menjadi Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo akan dapat terus menikmati seluruh layanan, paket produk, dan aturan yang berlaku tanpa harus mengganti nomor maupun kartu SIM.

Untuk Kode Akses UMB pembelian paket telpon (voice) dan SMS layanan prabayar simPATI (*999#), KartuAS (*100#), dan LOOP (*567#) dan pascabayar KartuHalo (*111#) tetap dapat digunakan setelah perubahan brand produk menjadi Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo.

Sedangkan untuk Kode Akses UMB pembelian paket kuota data/internet, baik untuk brand produk Telkomsel PraBayar maupun Telkomsel Halo tetap menggunakan UMB *363#. Sedangkan untuk pengecekan pulsa layanan prabayar tetap menggunakan Kode Akses UMB *888#.

Khusus untuk produk prabayar digital by.U, masih menggunakan nama dan desain logo yang sama dan tidak ada perubahan akses layanan. Untuk layanan aplikasi informasi dan pembelian produk MyTelkomsel, tidak ada perubahan nama, hanya perubahan desain logo dan interface/tampilan muka aplikasi yang menyesuaikan dengan UI/UX yang lebih dinamis.

Layanan Customer Touch Point

Untuk pelayanan customer touch point (layanan purna jual) Telkomsel baik walk-in (GraPARI) maupun layanan Call Center, Virtual Assistant, dan layanan digital lainnya, tetap menghadirkan layanan seperti biasa dan akan semakin dikembangkan untuk lebih memberikan kemudahan kepada pelanggan.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News