Bupati Resmikan Laboratorium PCR HM Sani Permudah Testing, Tracing, Treatment

273
Bupati Resmikan Laboratorium PCR HM Sani Permudah Testing, Tracing, Treatment
Bupati Karimun Aunur Rafiq, bersama Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim meresmikan laboratorium PCR HM Sani, disaksikan jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun, Senin (2/8/2021). (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati beserta Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim, meresmikan laboratorium PCR di RSUD HM. Sani, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, Senin (02/08/2021).

Turut serta hadir Sekdakab beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun, dengan meninjau langsung laboratorium PCR.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menjelaskan bahwa, dengan diresmikannya laboratorium PCR COVID-19 di RSUD HM. Sani, pemerintah dan masyarakat Karimun kian dimudahkan dalam layanan tes COVID-19, terutama untuk melakukan Testing, Tracing, Treatment (3T).

“Alhamdulillah, masyarakat bersama Pemkab Karimun kian dipermudah dalam pelayanan Testing, Tracing, Treatment,” terang Aunur Rafiq.

PKP HIMALAYA

Meskipun perizinan dari pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan belum keluar, tetapi kata Rafiq alat ini sudah diuji coba, ternyata sudah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan.

“Oleh karena itu penggunaan alat ini untuk internal saja, setelah nanti izinya keluar secara keseluruhan, dapat kita gunakan,” paparnya.

Kendati demikian, Bupati mengungkapkan, pada saat urgensi (mendesak) alat ini dapat digunakan, seperti terdapat kasus meninggal yang perlu cepat.

“Kasus-kasus tertentu yang perlu cepat, ini bisa kita gunakan,” ujarnya.

Terkait perizin yang dikeluarkan dari pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan, Bupati meminta agar segera dipercepat dalam kurun waktu dua minggu ini.

“Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), diharapkan agar segera dipercepat izin dari pemerintah pusat,” pintanya.

Karena menurut Bupati hal ini untuk kepentingan masyarakat dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, dan sangat dinanti untuk segera dapat dioperasionalkan.

“Sebab seluruhnya sudah dilakukan verifikasi sekaligus akreditasi kelayakan alat tersebut,”pungkasnya.

Tidak hanya itu, kata Bupati dengan kehadiran laboratorium ini, akan menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penanganan COVID-19, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun.

“Kemampuan alat PCR tersebut mencapai 54 sampel perhari, ini sangat membantu dan diharapkan alat ini dapat digunakan dalam waktu lama, tidak mengalami kerusakan sehingga dapat membantu tenaga medis dan masyarakat,” tandasnya.

Seusai peresmian laboratorium PCR, Bupati bersama Forkopimda melakukan tes alat tersebut.

Editor : Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel