Komsos Babinsa, Pererat Silaturahmi Mewujudkan Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat

286
Personil Babinsa 04/ Tebing laksanakan Komunikasi Sosial bersama Ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun. (Foto : Aman)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna mendukung program TNI Angkatan Darat di wilayah teritorial, jajaran Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) 04/ Tebing, Kodim 0317/ TBK menyelenggarakan video kreatif pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos).

Pelaksanaan kegiatan video kreatif berdurasi 20 hingga 30 menit tersebut, berdasarkan surat Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad), nomor B/74/ VII/ 2021, tanggal 30 Juli 2021.

Danramil 04/ Tebing, Kapten CPL Eka S. Nasution mengungkapkan bahwa, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan beberapa warga, diantaranya tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, pedagang, nelayan, petani, wiraswasta, perusahaan, hingga menyentuh kalangan pelajar dan Mahasiswa.

“Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan tugas rutin yang dilakukan Babinsa 04/ Tebing, Kodim 0317/ TBK untuk memonitoring wilayah guna mengetahui situasi dan kondisi perkembangan wilayah binaannya,” terang Eka, Jum’at (20/8/2021).

Selain itu menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini untuk mempererat hubungan antara Babinsa dengan warga (masyarakat) binaan.

“Guna mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat yang semakin kuat,” paparnya.

Eka menambahkan, lomba video kreatif Komsos ini, akan diperlombakan ditingkat Kodam I Bukit Barisan. Dan jika menang, akan diikutsertakan pada perlombakan tingkat Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

“Dengan melibatkan seluruh personil Babinsa 04/ Tebing, sebanyak 11 orang personil,” ujarnya.

Dimana menurutnya, Kecamatan beserta Kelurahan merupakan partner kerja bagi para anggotanya, dalam menjalin kerjasama dan hubungan yang harmonis.

BACA JUGA Antusias Warga Mengikuti Gerai Vaksinasi Presisi Keliling Polres Karimun

“Sehingga dengan adanya video kreatif ini, tidak hanya sekedar mengikuti perlombaan saja, akan tetapi anggota Babinsa dapat terjun langsung kelapangan melihat situasi dan kondisi ditengah-tengah masyakarat,” paparnya.

Sehingga diharapkan mampu membina wilayah pertahanan darat, dan dapat dipertanggungjawabkan, khsususnya ruang lingkup Desa dan Kecamatan.

“Dan bagi para Babinsa yang berprestasi, sesuai dengan kepemimpinanya di Kesatuan Angkatan Darat, diberikannya penghargaan dan hadiah kepada prajurit yang berprestasi,” tandasnya.

Tidak hanya itu, kata Eka terlebih pada saat pandemi sekarang ini, diperlukan kebersamaan seluruh elemen masyarakat, dan saling mendukung guna mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dikehidupan sehari-hari, dengan mengutamakan 5 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak saat berinteraksi, jauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” paparnya.

Selaku Babinsa, ungkap Eka anggotanya harus lebih aktif dilapangan, selain memonitoring wilayahnya masing-masing, juga memelihara Kamtibmas serta menjaga hubungan dan kerjasama yang baik dengan masyarakat.

“Sekaligus menjadikan ajang himbauan dan sosialisasi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya Babinsa melindungi warganya dari terpaparnya COVID-19,” ujar Eka.

Editor : Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel