Danlatamal IV Hadiri Pertemuan Dengan Pansus RUU Kontigen DPR RI di Batam

150

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – KomandanPangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV Tanjungpinang (Danlantamal IV Tanjungpinang) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., didampingi Kadiskum Lantamal IV Letkol Laut (KH) R. Deni Nugraha Ramdani, S.H., M.H., M.M., M.Tr. Hanla., hadiri pertemuan dengan Pansus DPR RI tentang RUU Landas Kontinen yang berlangsung Aula Lantai 5 Graha Kerpi Batam Kepri, Senin siang (06/9/2021).

Dalam pertemuan tersebut Pansus DPR RI mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya bagaimana peran TNI Angkatan Laut dalam penegakan hukum di Kawasan Landas Kontinen, Danlantamal IV mengatakan “Kontribusi TNI Angkatan Laut dalam menjadi keamanan laut merupakan implementasi dari aktivitas kontrol strategis dan sangat vital sebagai komponen utama pertahanan.

Sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 9 huruf b yaitu menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi dan melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut, “ tuturnya.

Danlantamal IV juga menjawab pertanyaan tentang kendala TNI AngkatanLaut dalam penegakan hukum di Landas Kontinen yaitu “Jumlah dan kondisi Alut Sista (KRI) yang dimiliki sangat terbatas tidak sebanding dengan luasnya wilayah laut yang dimiliki oleh Indonesia (Landas Kontinen). Sampai saat ini terdapat beberapa wilayah Indonesia yang overlap dengan negara tetangga belum ditentukan dan disepakati batas maritimnya, baik menyangkut laut wilayah, zona tambahan, ZEE maupun Landas Kontinen,” jelasnya.

PKP HIMALAYA

“TNI Angkatan Laut pada prinsipnya tetap berkomitmen untuk mendukung pengesahan RUU Landas Kontinen menjadi Undang-Undang sebagai landasan hukum untuk melaksanakan hak berdaulat dan kewenangan tertentu bagi indonesia di Landas Kontinen demi mewujudkan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Danlantamal IV atas pertayaan Pansus DPR RI tentang diminta tanggapan tentang pengesahan RUU Landa Kontinen.(@dispen_lantamal iv).

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel