Tugu Adipura Kirana Diresmikan Bupati Rafiq, Jadi Icon Kota Baru Bumi Berazam

120
Tugu Adipura Kirana Diresmikan Bupati Rafiq, Jadi Icon Kota Baru Bumi Berazam
Bupati Karimun Aunur Rafiq, didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun meresmikan sekaligus menandatangani prasasti Tugu Adipura Adipura, di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau, Senin (13/9/2021).

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq, didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun meresmikan sekaligus menandatangani prasasti Tugu Adipura Kirana di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, Senin (13/9/2021).

“Dengan adanya simbol ini, akan menjadikan motivasi bagi masyarakat Kabupaten Karimun,” terang Direktur Keuangan PT Timah Tbk Sony Wibisono.

Tidak hanya itu saja, kata Sony akan mendorong serta menciptakan ekonomi yang maju dan pesat, sehingga menjadi kota layak dikunjungi dan menjadi kota tujuan investasi.

“Dengan adanya Tugu Adipura Kirana dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang sebesar-besarnya, sekaligus menciptakan keindahan dan menarik wisatawan,” paparnya.

Sony juga menyampaikan ucapan terima sekaligus mengapresiasi kepada pemerintah daerah Kabupaten Karimun, atas prestasi yang telah meraih penghargaan Adipura Kirana 3 kali berturut-turut.

“Ini merupakan suatu pertanda bahwa wilayah Kabupaten Karimun akan selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan kedepannya akan lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengungkapkan bahwa, dengan adanya Tugu Adipura Kirana dengan menelan anggaran sebesar Rp 2 miliar tersebut, akan tercipta Kabupaten Karimun Bumi Berazam yang Beriman, Sehat, Indah dan Harmonis (Bersih).

“Sesuai dengan slogan, menjadikan Karimun Bersih, berkat adanya bantuan dari PT Timah Tbk, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan Icon Bumi Berazam, begitu besar kontribusi yang telah diberikan oleh PT Timah,” ungkap Rafiq.

Rafiq juga membeberkan bahwa, Tugu Adipura Kirana tersebut yang menjadi simbol kebanggaan masyarakat, memiliki makna pada masing-masing bagian tugu yang menjulang dengan ketinggian 15 meter, serta diameter lingkaran 18 meter, memiliki beberapa bagian.

Pertama di bagian atas atau puncak Tugu merupakan lambang piala Adipura dengan corak berwarna keemasan.

“Tidak hanya itu saja, terdapat logo kapal keruk yang berwarna perak, menandakan adanya aktivitas kapal keruk untuk mengeksploitasi biji timah,” paparnya.

Selanjutnya kata Rafiq, terdapat gelombang air laut yang menunjukkan bahwasanya di perairan Karimun telah beroperasinya aktivitas tambang-tambang dari PT Timah.

“Sehingga diwajibkan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Karimun, agar dapat menjaga sekaligus melestarikan Tugu Adipura agar tetap bersih dan tetap terjaga dengan baik, berdiri dengan kokoh,” kata Rafiq.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel