HUT ke-75 Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah, Peran BC dalam Pemberantasan Penyeludupan di Kepri

342
KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau
KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau, menggelar lomba karya tulis ilmiah tingkat Mahasiswa, dengan mengangkat tema "Peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Dalam Pemberantasan Penyeludupan di Kepulauan Riau". (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT), Bea Cukai yang ke-75 tahun 2021, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau menggelar lomba karya tulis ilmiah Bea Cukai Karimun.

Pada ajang perlombaan yang dilaksanakan secara virtual ini, mengangkat tema “Peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Dalam Pemberantasan Penyeludupan di Kepulauan Riau”.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Tanjungbalai Karimun, melalui Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Winarto menjelaskan bahwa, lomba karya tulis ilmiah tingkat Mahasiswa ini sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat, terkait penyelundupan yang dapat menghambat perekonomian masyarakat.

“Bea Cukai sebagai Aparat Penegak Hukum (APH), terkait memaksimalkan kinerja dalam upaya mengamankan wilayah Indonesia, khususnya di wilayah perairan Kepulauan Riau dari penyelundupan barang ilegal,” terang Winarto Jum’at (17/9/2021).

PKP HIMALAYA

Hal ini tentunya kata Winarto, sejalan dengan fungsi pengawasan yang diemban oleh Bea Cukai.

BACA JUGA Program KOTAKU Kelurahan Belian Capai 70 Persen Rampung Berkat Kerjasama Masyarakat

“Peran serta dan kontribusi Mahasiswa dalam meminimalisir (mengurangi) hingga menghilangkan penyeludupan di wilayah Kepulauan Riau,” ungkapnya.

Karena menurutnya, Bea dan Cukai sebagai pengawas lalu lintas barang sangat erat kaitannya dengan pelaksana dalam memberantas penyelundupan, baik barang-barang ilegal yang berasal dari luar maupun dalam negeri.

“Bea dan Cukai sebagai garda terdepan dalam mencegah terjadinya penyelundupan barang yang masuk dan keluar Indonesia mempunyai tugas yang vital, oleh sebab itu diperlukan adanya dukungan, saran dan masukan dari seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya.

Tidak hanya itu, KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun, pada Rabu tanggal 22 September 2021 juga akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) sekaligus sosialisasi, bersama rekan-rekan Mahasiswa, dengan narasumber dan dewan juri dari Bea dan Cukai serta media

“Komunikasi respektif penanggulangan dan juga langkah apa saja yang sudah dilakukan oleh Bea dan Cukai, sekaligus mengumumkan hasil juara lomba karya tulis ilmiah Bea dan Cukai,” pungkasnya.

Editor : Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel