Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Dinkes Batam Himbau Masyarakat Vaksinasi dan Prokes Ketat

120

WARTAKEPRI.co.id,BATAM – Antisipasi adanya susulan gelombang ketiga pandemi Covid-19, yang diperkirakan akhir Desember 2021, hingga Januari 2022. Sejumlah persiapan dilakukan oleh pemerintah Batam.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi Senin (25/10/2021). Menurutnya, upaya pengendalian agar tidak terjadinya angka kasus positif kembali bertambah selama natal dan tahun baru, tentu pemerintah sendiri lebih mengoptimalkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

“Artinya prokes itu harus diperketat baik perjalanan udara maupun laut, juga jangan pernah lupa agar tetap laksanakan prokes selama perjalanan,”ucap Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam.

Didi menyebut,selain memperketat prokes saat melakukan perjalanan baik natal dan tahun baru, juga harus mempercepat pelaksanaan vaksinasi sebelum Desember sudah mencapai 90 persen.

“Kita upayakan minimal 90 persen dosis lengkap, jadi saat melakukan perjalanan udara maupun laut, penumpang tinggal jaga prokes selama perjalanan,”sebutnya.

Dijelaskan Didi, memang pada tahun sebelumnya artinya belum ada Covid-19 ini pada Desember, Januari ini masyarakat yang hendak melakukan mudik cukup tinggi, namun karena ini pandemi setidaknya mengurangi juga nantinya.

Lanjut Didi, belum lagi untuk persyaratan baik pesawat maupun kapal yang meski harus dilengkapi baru bisa berangkat, maka dari itu melalui pencapaian vaksinasi ini setidaknya bisa mengurangi resiko tertular Covid-19.

“Tetapi jika tidak patuh dalam protokol kesehatan yang ketat, artinya jangan sampai lengah meskipun saat ini Batam pada level I,”ucapnya.

Untuk itu sekali lagi, Didi menghimbau kepada seluruh masyarakat Batam, sebelum melakukan perjalanan mudik natal dan tahun baru nanti. Pihaknya terus mengajak agar ikut vaksinasi dan upayakan selalu prokes yang ketat,”tutup Didi. (*)

Pengirim:Taufik Chaniago

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel