Pemkab Bintan Launching Vaksinasi Booster di RSUD

55
Pemkab Bintan Launching Vaksinasi Booster di RSUD. (Foto: Rama)

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bintan launching perdana vaksinasi booster untuk masyarakat umum di Kabupaten Bintan, Kamis (13/1/2022).

Booster atau vaksinasi tahap ke tiga di RSUD Bintan ini dikawal ketat oleh TNI/Polri untuk menghindari kerumunan peserta.

Launching ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Direktur RSUD Bintan, Camat Bintan Timur, dan BPBD Kabupaten Bintan.

Dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting vaksinasi booster ini. Pertama karena adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca-vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid-19 baru, termasuk Omicron.

Merujuk studi meta analisis dan analisis regresi oleh Fekin dkk tahun 2021, diketahui bahwa efektivitas 4 vaksin yang sudah mendapatkan EUL dari WHO mengalami penurunan aktivitas sebesar 8% dalam 6 bulan terakhir pada seluruh kelompok umur.

Dalam kurun waktu yang sama kepada orang dengan usia 50 tahun ke atas, terjadi penurunan efektivitas vaksin sebesar 10% dan 32% untuk mencegah kemunculan gejala.

Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi Covid-19 demi kesehatan jangka panjang. Dan yang terakhir, guna memenuhi hak setiap orang Indonesia untuk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Sementara dari sisi ekonomi, dengan kondisi kasus yang dapat ditekan, dapat pula mencegah kemunculan gelombang baru. Sehingga aktivitas masyarakat akan semakin fleksibel dengan catatan tetap berada dalam koridor penerapan protokol kesehatan ketat.

Dari pengamatan Warta Kepri di lokasi, ketersediaan vaksin booster untuk masyarakat di Kabupaten Bintan di RSUD Bintan ini berjumlah 1500 dosis.

Vaksinasi booster ini akan digelar hari ini saja, dan akan dilanjutkan ke tingkat Puskesmas yang ada di Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, dr. Gama AF Isnaeni saat dikonfirmasi mengatakan vaksinasi booster pertama ini adalah kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bintan bersamaan dengan kegiatan Pemerintah Provinsi Kepri.

“Untuk itu diberitahukan kepada seluruh masyarakat Bintan, bagi yang sudah melakukan vaksinasi pertama dan ke dua selama 6 bulan untuk segera mendaftarkan diri melakukan vaksinasi booster,” imbaunya.

Ia mengatakan kegiatan ini akan dilakukan pemerintah daerah sscara bertahap, yang nantinya akan berlanjut ke tingkat Puskesmas yang ada di Kabupaten Bintan.

“Mari kita sukseskan vaksinasi booster ini, karena vaksinasi booster ini halal dan aman, dan diberikan kepada usia 18 tahun ke atas,” kata dia.

Vaksinasi booster yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan di RSUD Bintan ini menggunakan vaksin jenis pfizer.

Masyarakat yang melaksanakan vaksinasi booster akan mendapatkan paket sembako dari pemerintah daerah melalui Dinas BPBD setempat. (rama)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA