180 PMI Pulang Lewat Batam, Satgassus: Mereka Dinyatakan Negatif Covid-19

341
180 PMI Pulang Lewat Batam, Satgassus: Mereka Dinyatakan Negatif Covid-19. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Sebanyak 180 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Tanah Air. Mereka masuk melalui Pelabuhan Batam Center dan Harbour Bay pada Jumat (14/1/2022) kemarin.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu melalui Pjs Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi menjelaskan PMI yang pulang ini berasal dari negara Malaysia dan Singapura.

“124 orang dari Malaysia dan 56 dari Singapura,” kata Reza dalam keterangan tertulis diterima Sabtu (15/1/2022).

Honda Capella

Seluruh PMI tersebut kata Reza dinyatakan negatif Covid-19. “Mereka dinyatakan negatif setelah menjalani tes swab antigen dan PCR pertama,” terangnya.

Reza menambahkan, tim Satgassus hingga saat ini belum ditemukan Covid-19 varian Omicron pada PMI yang pulang melalui jalur Batam.

“Hingga hari ini belum ditemukan varian Omicron pada PMI yang pulang lewat Batam,” katanya.

Reza juga memaparkan jumlah total pasien positif Corona yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Batam.

Kata dia, hingga saat ini tercatat sebanyak 247 pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut. Jumlah itu terdiri dari 162 laki-laki dan 85 perempuan.

“Okupansinya sebesar 53,70 persen dari penurunan data sebelumnya,” jelas Reza.

Satgassus kata Reza sudah melakukan segala upaya dengan semaksimal mungkin dalam melakukan penanganan kepulangan PMI, terlebih dengan adanya varian baru yang masuk ke Indonesia.

“Harapan kita semua agar virus Covid-19 baru Omicron ini tidak menyebar. Segala usaha akan kami lakukan semaksimal mungkin dalam penanganan PMI ke Indonesia,” pungkasnya. (ril)

FANINDO