Angkut Sembako, KM Bagas Arsakhan Alami Kebocoran Lambung Kapal, Seluruh ABK Selamat

513

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Sebuah Kapal Motor (KM) Bagas Arsakhan mengalami laka laut, tenggelam di perairan pulau Pandan Kabupaten Karimun , Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at (11/3/2022).

KM Bagas Arsakhan yang membawa puluhan ton sembako bertonase 27 GT tersebut tenggelam pada titik koordinat 0 56.968 N 103 29.758 E, yang dinakhodai Herizal, mengangkut sebanyak 300 sak gula pasir, 300 sak beras ketan dan 1900 karton minuman kaleng, minuman bir charlsberg 400 kis, heineken 100 kis, bir bintang 100 kis, minuman soda 1300 kis, berlayar dari Tanjungpinang menuju ke Selat Panjang.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Joko Santosa, melalui Perwira Pelaksana (Palaksa) Mako Lanal Tanjungbalai Karimun Mayor Laut (KH) Raden Agung Gunawan menjelaskan bahwa, seluruh ABK kapal ditemukan dalam kondisi selamat setelah dilakukan evakuasi oleh prajurit KRI Kujang

Honda Capella
Tim SAR dari Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, mengevakuasi KM Bagas Arshakan, bertonase 27 GT , yang kandas di perairan pulau Pandan, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, pada Jum’at (11/3/2022). (Foto : Ist)

dan Lanal Tanjungbalai Karimun.

“Mako Lanal Tanjungbalai Karimun telah menerjunkan 3 unit Sea Rider, 1 dari KRI Kujang-642, 2 Sea Rider dari Lanal Tanjunbalai Karimun, menyelamatkan 4 ABK termasuk nakhoda KM. Bagas Arsakhan dalam keadaan selamat,” terang Agung, Sabtu (12/3/2022).

Agung menambahkan, dalam perjalanan pelayaran, kapal tersebut mengalami kebocoran yang mengakibatkan air masuk ke dalam kamar mesin serta lambung kapal sebelah kiri.

“Akibatnya air masuk semakin banyak dan tidak dapat ditanggulangi, meskipun sudah dilakukan pengurasan dengan menggunakan pompa, hingga akhirnya nakhoda kapal memutuskan untuk mengkandaskan kapal di pantai pulau Pandan,” paparnya.

Seluruh ABK yang berjumlah empat orang termasuk nakhoda, kata Agung berhasil dievakuasi dengan selamat, dimana kondisi kapal separuh tenggelam, dan sebagian muatan telah tercecer ke laut.

Selanjutnya kata Agung, sempat mengevakuasi KM. Bagas Arshakan dengan menggunakan KM. Sinar Cahaya III. Namun tidak berhasil, dan semakin tenggelam.

“Pukul 19.45 WIB, KM. Sinar Cahaya III dan Tim SAR Patkamla Sea Rider-02 berhasil mengevakuasi ABK KM. Bagas Arsakhan, termasuk nahkoda ke Mako Lanal Tanjungbalai Karimun guna dimintai keterangan,” tandasnya.

Terhadap KM Bagas yang karam terebut, selanjutnya dilakukan pengamanan di sekitar lokasi oleh Lanal Tanjungbalai Karimun, guna mencegah agar tidak membahayakan sekaligus mengganggu pelayaran di sekitar perairan tersebut.

Semetara itu, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengapresiasi kesigapan jajarannya, selalu hadir dan memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat para pengguna laut.

“Kita turut prihatin atas musibah yang menimpa KM. Bagas Arsakhan di pulau Pandan Karimun Kepulauan Riau, namun kita juga bersyukur seluruh ABK dapat dievakuasi dengan selamat,” ujar Arsyad Abdullah.

Dirinya menegaskan, kesiapan prajurit selain dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut, juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna laut, termasuk kegiatan SAR seperti ini. Dengan sarana dan prasarana penunjang lainnya.

“Upaya penyelamatan sedini mungkin sebagai implementasi pelaksanaan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan seluruh potensi yang dimiliki, baik personel maupun sistem senjata (alutsista) untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” paparnya.(rls)

FANINDO