Kasus Aktif Covid-19 Turun Drastis, Batam Tak Lagi Zona Merah

404
Welcome to Batam. (Foto: Ist/net)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kasus positif dan aktif Covid-19 di Kota Batam menunjukan penurunan drastis. Dari data tim Gugus Tugas Covid-19, angka kasus sembuh dalam sehari terdapat 18 orang. Kemudian selama 24 jam terakhir terdapat tambahan tiga kasus konfirmasi positif Covid-19.

“Kasus sembuh terus mengalami kenaikan, konfirmasi aktif atau masih dirawat sebanyak 78 orang,” ucap Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (22/3/2022).

Disampaikan Didi, kasus aktif yang ada saat ini di antaranya 50 orang yang menjalani isolasi mandiri, 20 orang dirawat di Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kota Batam, 4 orang dirawat di RSKI Galang, serta orang lainnya masih proses evakuasi.

Honda Capella

“Sebagian besar kasus aktif yang ada telah menjalani perawatan dan isolasi mandiri di rumah,” jelas Didi.

Sementara itu, total kasus positif di Kota Batam sejak awal pandemi hingga Selasa 22 Maret 2022, sebanyak 30.892 kasus. Rinciannya, sembuh 29.913 orang, meninggal 901 orang dan konfirmasi aktif atau masih dirawat 78 orang.

“Langkah yang kita ambil adalah terus melakukan tracing. Apabila ketemu pasien dinyatakan suspek, saat itu juga dilakukan tracing, kita data siapa saja yang sudah melakukan kontak,” ucap Didi.

Didi menambahkan, pengendalian kasus Covid-19 di Kota Batam saat ini sudah mulai terkendali selain kasus aktif. Data dari tim Gugus Tugas Covid-19, beberapa pekan terkahir, zona hijau atau kelurahan yang tak memiliki kasus aktif kembali bertambah.

“Dari data Tim Gugus Tugas Covid-19, sebanyak 37 dari 64 kelurahan di Batam sudah berada di zona hijau. Sedangkan 27 kelurahan lainnya berzona kuning dan tak ada kelurahan berzona orange atau merah,” tutup Didi yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam. (Yusuf Riadi)

FANINDO