Gelombang PMI dari Malaysia Bakal Meningkat Jelang Idul Fitri 2022

Danrem 033/WP Brigjen Jimmy Ramoz Manalu. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Gelombang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia melalui Batam, bakal meningkat jelang lebaran Idul Fitri 2022.

Danrem 033/Wira Pratama (WP) Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan prasarana saat kedatangan PMI masuk ke Batam. Termasuk tempat karantina apabila ada PMI dinyatakan positif Covid-19.

“Kita sudah berkomunikasi dengan Duta Besar RI di Malaysia, kita siap dengan prasarana menyambut gelombang PMI dari Malaysia yang bakal meningkat jelang lebaran nanti,” ujar Jimmy, Senin (11/4/2022).

PKP EXPO

Jimmy menyebutkan, Dubes RI di Malaysia juga memprediksi hal yang sama. Akan ada peningkatan yang luar biasa menjelang memasuki lebaran Idul Fitri 2022. Mengingat jumlah PMI dari Malaysia paling banyak dibanding dari Singapura.

“Ini bentuk antisipasi kita mempersiapkan apabila adanya lonjakan PMI dari Malaysia yang jumlahnya cukup banyak dibanding Singapura,” ujar Jimmy.

Jimmy mengungkapkan, rencana kepulangan PMI ke Indonesia, sudah dibicarakan langsung ke Gubernur Kepri beserta sejumlah Forkopimda mulai dari Kapolda, BIN dan lainnya.

Apalagi, syarat masuk Indonesia dari luar negeri terbaru tak perlu karantina, khusus untuk pintu masuk Bali, Batam dan Bintan sebagaimana aturan terbaru. Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2022.

“Bagi PMI yang baru datang ke Batam dan tidak terkonfirmasi positif maka mereka bisa langsung kembali ke kampung halaman mereka masing-masing,” ucap Jimmy.

Sebagai informasi merujuk data yang dirilis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mencatat, jumlah pekerja migran Indonesia (PMI) sebanyak 72.624 orang pada 2021. Sebanyak 7.000 PMI dari Malaysia dijadwalkan pulang ke Indonesia melalui Batam. (Yusuf Riadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24