Update Data Pemilih, KPU Kota Batam Lakukan Pemutakhiran

54
Martius, Ketua KPU Kota Batam, foto istimewa

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam melakukan rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bulanan. Hal ini dilakukan guna mendapatkan data pemilih baru yang memenuhi syarat ataupun pemilih yang sudah mengalami perubahan.

“Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan kita laksanakan setiap bulan, dengan memperhatikan penduduk yang pindah datang, pindah keluar, pemilih pemula, pemilih meninggal dan perubahan elemen data pemilih,” ujar Martius, Ketua KPU Kota Batam saat ditemui WartaKepri.co.id beberapa waktu lalu.

Martius mengatakan, pemutakhiran data bertujuan untuk memperbaharui data pemilih, sehingga mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilihan umum.

Honda Capella

Hal ini disampaikannya karena adanya pemilih baru dan pemilih yang sudah tak memenuhi syarat ataupun pemilih yang sudah meninggal dunia.

“Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini perlu diupdate dan dilaporkan setiap bulannya. Tidak hanya itu,data yang kita update setiap bulannya kita laporkan juga setiap tiga bulan ke KPU Provinsi, KPU Pusat, Bawaslu, Kesbangpol dan Parpol,” kata Martius.

Menurutnya, dari hasil pemutakhiran data Pemilih berkelanjutan pada bulan Mei 2022, jumlah pemilih di Batam mencapai 587.005 jiwa. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2019 berjumlah 587.527 pemilih.

“Dari data saat ini ada penurunan jumlah pemilih sebanyak 522 orang,” jelas Martius

Kegiatan PDPB ini merupakan tindak lanjut Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Berkelanjutan. KPU juga melakukan sinkronisasi PDPB dengan data kependudukan di Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Batam.

Guna memudahkan pelaporan data, KPU juga menyediakan layanan online aplikasi mobile Lindungihakmu berbasis Android serta portal pemutakhiran www.lindungihakmu.kpu.go.id yang telah diluncurkan pada 23 Februari 2022. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat memutakhirkan data dirinya sendiri secara aktif setiap saat. 

“KPU Batam juga menyediakan posko pengaduan di Kantor KPU Batam Sekupang. Pemilih yang belum terdaftar atau pun ada perubahan data pada pemilih bisa lapor kesini,” tutupnya. (*)

Editor: Yusuf Riadi

FANINDO