Wabup Pasaman Barat Buka Pelatihan Ketenagakerjaan Teknik Listrik Tahun 2022

237
Wabup Pasaman Barat Buka Pelatihan Ketenagakerjaan Teknik Listrik Tahun 2022
Wabup Pasaman Barat Buka Pelatihan Ketenagakerjaan Teknik Listrik Tahun 2022

PASBAR – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masih memiliki beberapa permasalahan dalam hal ketenagakerjaan, terutama dalam hal kualitas para calon tenaga kerja yang masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan kurang dan terbatasnya fasilitas yang ada di Kabupaten Pasaman Barat. Untuk itu, BLK ini dibangun untuk meningkatkan sumber daya manusia dan menciptakan tenaga kerja terampil dan mandiri dalam dunia kerja.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto yang didampingi stakeholder terkait saat meresmikan gedung Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) dan pembukaan Pelatihan Kejuruan Teknik Listrik tahun 2022, Kamis (23/6/2022) di UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja, Plasma V Giri Maju, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Wabup Risnawanto menjelaskan, pandemi Covid-19 yang terjadi mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) Pasbar tahun 2021, tercatat 9.979 orang yang tidak bekerja atau mencari kerja dengan tingkat pengangguran terbuka sekitar 4.69%. Angka tersebut, didominasi kelompok umur 20-24 tahun sebanyak 3.793 orang.

Honda Capella

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Tenaga Kerja membangun BLK sebagai salah satu instrumen peningkatan kompetensi yang diharapkan dapat mengasah keterampilan para calon tenaga kerja khususnya para lulusan SMK/SMA. Agar nantinya mereka dapat meningkatkan kualitasnya sebagai modal dalam mencari pekerjaan.

“BLK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan yang diselenggarakan bagi non formal masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, profesi, bekerja, usaha mandiri, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi”, jelas Wabup Risnawanto.

Ia menambahkan, UPTD BLK Dinas Tenaga Kerja terdiri dari 2 unit workshop yaitu workshop otomotif dan workshop listrik. Untuk tahap awal, balai latihan mengadakan kegiatan pelatihan kerja sebanyak 2 paket pelatihan. Untuk itu, ia berharap kerjasama dan dukungan semua pihak untuk menekan dan menurunkan angka pengangguran di Pasbar.

FANINDO