Kesetaraan Gender Di Lingkungan Kerja, Pemkab Bintan Dukung OPD Raih Anugerah Parahita Ekapraya

PJ Sekda Bintan
Pj Sekretaris Daerah Bintan Rony Kartika menggelar Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bersama Ketua PUG dan OPD se Bintan. Senin (15/8/2022) di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan komitmen dan mendukung kesetaraan dan keadilan gender diimplementasikan di lingkungan kerja.

Komitmen tersebut dibuktikan saat Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Rony Kartika menggelar Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bersama Ketua PUG dan OPD se Bintan. Senin (15/8/2022) di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan

“Teruntuk seluruh ODP yang sudah memiliki program khusus untuk pengarusutamaan gender, baik berupa parkir khusus untuk perempuan, toilet yang terpisah, cuti haid/bersalin, ruang menyusui dan lain sebagainya mohon untuk terus ditindak lanjuti dan dikawal,” ujar Rony kartika

Dia menyebutkan, mewujudkan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi kesetaraan gender, pengarusutamaan gender perlu dilakukan oleh Pemerintah. Guna mewujudkan keadilan dan kenyamanan bagi semua kaum.

Tidak hanya laki-laki, namun juga perempuan, anak-anak serta difabel. Hal ini diimplementasikan dengan dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bintan melalui penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Seperti diketahui, Kabupaten Bintan telah meraih kategori penghargaan APE selama 3 tahun berturut-turut sejak 2018 hingga 2020 untuk program PUG yang dijalankan.

APE sebuah anugerah bergengsi dari pemerintah pusat sebagai pengakuan atas komitmen pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender terkhusus daerah Bintan.

Anugerah APE periode 2021-2022, Pemerintah menetapkan prasyarat terbaru yakni harus melengkapi tujuh prasyarat PUG yang harus dipenuhi oleh setiap OPD. Prasyarat ini cukup berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya hanya memiliki dua prasyarat.

Jika memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan, tak dipungkiri nama Bintan kembali menerima anugerah APE tersebut.

Rony Kartika meminta semua OPD untuk menyisir kembali kelengkapan dokumen yang masih kurang, kemudian memenuhi 7 prasayarat yang dibutuhkan. Sebab rentan waktu hingga September mendatang masih bisa dimanfaatkan.

Dalam Rakor kali ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pj Sekda Bintan, Ketua PUG, Kepala OPD serta pihak lainnya yang terlibat. (*)

Pengirim: Agus Ginting
Editor: Yusuf Riadi

FANINDO

Honda Capella