Lima Parpol hingga Kini masih tak Lolos Verifikasi Administrasi KPU

385
Berikut Popularitas Partai Politik Baru Menurut Survei Litbang Kompas Juni 2022 Lima Parpol
Berikut Popularitas Partai Politik Baru Menurut Survei Litbang Kompas Juni 2022

FANINDO

JAKARTA – Lima parpol hingga kini masih tak lolos verifikasi administrasi KPU. Ini merupakan pengumuman KPU kedua kalinya yang dinyatakan belum memenuhi syarat verifikasi.

Batasan waktu diberikan Bawaslu untuk kelima parpol untuk segera melengkapi persyaratan agar lolos verifikasi administrasi dari KPU.

Dalam verifikasi administrasi pertama oleh KPU RI yang diumumkan pada 14 Oktober 2022, lima partai politik itu dinyatakan tidak lolos ke tahap verifikasi faktual.

Kelimanya lalu menggugat sengketa KPU ke Bawaslu RI karena merasa dirugikan oleh kendala dalam mengunggah persyaratan administrasi via Sipol.

Dalam sidang putusan yang dibacakan, Jumat (4/11/2022), Bawaslu mengabulkan sebagian pokok permohonan sengketa yang diajukan Partai Republik, Partai Republiku Indonesia, Parsindo, Prima, dan PKP.

BACA JUGA Verifikasi Faktual Parpol, KPU Kepri Ingatkan Pengurus Parpol Harus ada di Tingkat Kecamatan

Bawaslu memerintahkan KPU membuka kembali verifikasi administrasi untuk kelimanya dalam waktu 1×24 jam, tiga hari sejak putusan dibacakan.

Kini KPU RI kembali menyatakan jika kelima parpol itu belum memenuhi syarat verifikasi administrasi.

“Status: tidak memenuhi syarat,” demikian Pengumuman KPU RI Nomor 12/PL.01.1-Pu/05/2022 tentang Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi Partai Pemilu Calon Peserta Pemilu 2024 Pascaputusan Bawaslu yang diteken oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari pada Jumat (18/11/2022).

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik memastikan pengumuman ini juga telah disampaikan kepada partai-partai politik terkait.

“(Sudah disampaikan) melalui Sipol,” ujar Idham kepada Kompas.com, Jumat malam.

Adapun lima partai yang menurut KPU RI belum memenuhi syarat verifikasi administrasi di antaranya:

1. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)
2. Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo)
3. Partai Republik
4. Partai Republiku Indonesia
5. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

Sumber: Kompas.com

Honda Capella