Masyarakat Hinterland Dapatkan Pengobatan Gratis Hingga Penanganan Stunting

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kesehatan PT Timah Tbk, membantu permasalahan Stunting dan biaya perobatan.(Foto: Istimewa)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kesehatan dan sanitasi masyarakat hinterland (pesisir), menjadi prioritas utama bagi perusahaan PT Timah Tbk.

Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, PT Timah Tbk memiliki beberapa program dalam bidang kesehatan, guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di lingkar tambang.

Sepanjang tahun 2022 sendiri, anggota holding pertambangan Indonesia, MIND ID melaksanakan beberapa program kesehatan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Diantaranya pelayanan kesehatan gratis, donor darah, penanganan stunting hingga khitanan massal.

“Layanan kesehatan gratis menjangkau 200 masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karimun,” terang Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, Kamis (19/1/2023).

Untuk Kecamatan Kundur Barat sendiri, kata Anggi terdapat 98 orang, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun terdapat 27 orang dan di Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 112 orang.

“Selain itu, PT Timah Tbk juga melaksanakan khitanan massal yang diikuti puluhan anak yang dilaksanakan di wisma Timah kundur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung ketersediaan pasokan darah, bersama dengan PMI Cabang Karimun, PT Timah Tbk juga menggelar kegiatan donor darah yang berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah.

“Guna meringankan biaya pengobatan warga yang kurang beruntung secara ekonomi, PT Timah Tbk juga menyerahkan bantuan biaya pengobatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Masih kata Anggi, PT Timah juga telah memberikan ratusan paket makanan tambahan untuk membantu penanganan stunting bagi anak-anak, di wilayah Kecamatan Tebing dan Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun.

“Guna membantu penanganan stunting bagi anak-anak, pada dua Kecamatan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Tebing Alaidin mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Timah Tbk yang telah peduli terhadap penanganan stunting anak-anak, dengan memberikan asupan makanan tambahan untuk meningkatkan gizi.

“Selain itu, PT Timah Tbk juga terus memberikan layanan pengobatan gratis bagi masyarakat. Kami tentunya sangat mendukung program seperti ini,” kata Alaidin.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu warga bernama Yus Ahmadi (62), warga kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing.

Dirinya merasakan manfaat dari program layanan kesehatan gratis yang dilakukan oleh PT Timah Tbk.

“Kegiatan seperti ini sangat baik dan tentunya kami mendukung penuh, terlebih bagi warga pesisir yang tidak mampu, tidak ada biaya untuk berobat,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Jamaah (72) warga Dusun I Desa Kundur, berharap program pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh PT Timah Tbk agar dapat terus berlanjut.

“Kegiatan seperti ini kiranya dapat sering dilakukan PT Timah untuk membantu warga kurang mampu,” katanya.

Karena menurutnya, apabila warga ingin berobat harus ke Puskesmas, dengan jarak yang ditempuh cukup jauh.

“Namun apabila PT Timah sering memberikan pelayan kesehatan seperti ini, tentunya masyarakat akan merasa senang, dan sangat terbantu,” sebut Jamaah.

Camat Kundur Barat Khaidir mengatakan, PT Timah Tbk tidak hanya peduli dengan pelayanan kesehatan masyarakat saja, namun juga membantu masyarakat dalam pelbagai sektor, seperti lingkungan, ekonomi dan bantuan bagi para nelayan.

“Dengan bantuan yang telah diberikan oleh perusahaan, sekiranya dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik dari segi ekonomi, kesehatan dan pembangunan. Kontribusi PT Timah Tbk sangat nyata untuk mendukung kegiatan masyarakat,” tandasnya.(Aman/rls)

FANINDO

Honda Capella